Tradisi Tulak Bala Bulan Safar di KTT Cetak Rekor, MURI Hitung Ada 67.693 Ketupat 

  • Bagikan

FAJAR, TANA TIDUNG — Tradisi Budaya Tulak Bala Bulan Safar di Kabupaten Tana Tidung (KTT) mencetak rekor baru, Rabu, 21 September. Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI) akan mencatatkan rekor baru dengan total ketupat terbanyak pada acara ini.  

Kepada FAJAR, Costumer Relation Manager MURI, Lutvi S Pradana mengatakan, awalnya Pemkab KTT mengajukan pemecahan rekor ketupat terbanyak dengan total 65 ribu ketupat. Namun setelah dihitung, ternyata jumlahnga melebihi apa yang diusulkan. 

“Kami mulai menghitung secara manual mulai pukul 05.00 Wita. Ternyata jumlahnya melebihi, totalnya mencapai 67.693 ketupat,” ungkapnya saat ditemui di Pelabuhan Keramat Sedulun, Rabu, 21 September. 

Kata dia, jumlah yang dihadirkan pada acara Tulak Bala kali ini memecahkan rekor MURI. Dimana sebelumnya rekor tersebut telah dipecahkan di Gorontalo dengan total 51 ribu ketupat. 

“Ini jumlahnya lebih banyak, mencapai 67 ribu lebih. Kini rekor MURI dengan ketupat terbanyak dipecahkan oleh Kabupatem Tana Tidung,” tambahnya.  (*)

  • Bagikan