ETLE Efektif Tekan Pelanggaran Lalu Lintas, Kini Sudah Ada di Tarakan 

  • Bagikan

FAJAR, TANJUNG SELOR — Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) kini sudah dioperasikan di Kaltara. Teknologi ini efektif untuk menekan angka pelanggaran lalu lintas. 

Kapolda Kaltara, Irjen Pol Daniel Adityajaya meresmikan terobosan baru yang dilakukan di wilayah kepemimpinannya. Ada sistem ETLE untuk tilang elektronik, yang kini sudah mulai berjalan di Tarakan. 

Lauching ini dilakukan bertepatan dengan Hari Lalu Lintas Bhayangkara ke 67. Ada dua titik penempatan kamera ETLE, yakni di Jalan Yos Sudarso dan Jalan Jendral Sudirman. 

Kepada FAJAR, Kapolda Kaltara, Irjen Pol Daniel Adityajaya mengatakan hari ini ada peluncuran ETLE di 8 Polda pada momen Hari Lalu Lintas Bhayangkara. Salah satunya di Kalimantan Utara. 

Penerapan ETLE ini, kata dia, menjadi upaya polri untuk menekan angka pelanggaran lalu lintas. Dengan sistem ini, ke depan secara bertahap tak ada lagi penilangan secara langsung. Melainkan semua sudah berbasis digital dengan sistem. 

“Dengan ETLE masyarakat bisa terhindar dari pungutan liar. Tak ada kontak langsung dengan petugas jika ada penegakan hukum. Sangat efektif dan terhindar dari pungli,” ungkapnya usai lauching di Mapolda Kaltara, Kamis 22 September.  

Ke depannya, kata dia, lokasi perkotaan menjadi sasaran awal. Daerah lainnya tetap akan menjadi perhatian, karena targetnya semua wilayah di Kaltara bisa memiliki sistem yang sama untuk penindakan pelanggaran lalu lintas.  (*) 

  • Bagikan