Plat Nomor Putih Akan di Berlakukan, Apakah Plat Hitam Wajib Ganti?

  • Bagikan

FAJAR, MAKASSAR — Pemberlakuan plat nomor putih akan segera diresmikan, hal tersebut membuat banyak masyarakat yang penasaran atau ingin tahu mengenai aturannya pada kendaraan bebas, langkah mendapatkannya, serta contohnya lengkap bertulisan warna hitam.

Berdasarkan Peraturan Kepolisian Nomor 7 Tahun 2021 Tentang Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor menyatakan bahwa terdapat perubahan warna dalam pelat nomor kendaraan, yakni dari hitam menjadi putih.

Sementara itu dikutip dari situs Korlantas.polri.go.id, Kasubdit STNK Ditregident Korlantas Polri Kombes M. Taslim Chairuddin memberitahu bahwa pelat nomor putih ini sudah dapat diurus pada bulan Maret tahun 2022.

Nantinya pergantian plat akan dilakukan secara bertahap, yang dimulai dari kendaraan yang baru terdaftar. 

Selain itu, Kendaraan yang STNK diperpanjang 5 tahunan serta waktunya pergantian pelat nomor, dan balik nama maupun perubahan NRKB.

Alasan utama Perubahan warna dari hitam menjadi putih ini dikarenakan agar mendukung sistem penilangan elektronik, yang biasa disebut juga sebagai ETLE atau Electronic Traffic Lawa Enforcement, supaya kamera sistem ini mampu mengidentifikasi dan membaca pelat nomor.

Nantinya, ada 4 macam warna yang kelak dapat diberlakukan menurut peraturan ganti plat motor 2022, yang tepatnya yaitu Peraturan Kepolisian Nomor 7 Tahun 2021 mengenai Registrasi dan Identifikasi Kendaraan bermotor atau Ranmor.

Hal ini berdasarkan aturan dalam Pasal 45 ayat (1) TNKB yang merujuk pada Pasal 44 ayat (1) memiliki warna dasar:

  • Bagikan