“Si Adek” Jawab Kebutuhan Digitalisasi Birokrasi di Tana Tidung

  • Bagikan
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Tana Tidung Uus Rusmanda, A. Ks. M. HP

FAJAR, TANA TIDUNG — Sistem digital sudah menjadi sebuah keharusan di era modern masa kini. Termasuk digitalisasi dalam pelayaan dan pelaksanaan pemerintahan.

Pemkab Tana Tidung tak boleh ketinggalan, menyambut era teknologi. Layanan hingga pelaksanaan birokrasi terus berbenah, sehingga bisa memberi kemudahan lewat akses digital baik kepada pegawai maupun masyarakat.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Tana Tidung Uus Rusmanda, A. Ks. M. HP, merancang inovasi Digitalisasi Birokrasi Melalui Sistem Adminitrasi Elektronik (Si ADeK). Teknologi ini memberi kemudahan dalam hal pelaksanaan pelayaan baik ke masyarakat serta di internal Pemkab Tana Tidung.

Uus Rusmanda menyebutkan program perubahan yang dia rancang bertujuan untuk menjawab isu strategis yaitu meningkatkan tata kelola pemerintahan yang baik yang bertujuan. Utamanya untuk digitalisasi birokrasi melalui sistem administrasi elektonik di Kabupaten Tana Tidung.

Selama pelatihan kepemimpinan nasional, menurutnya banyak ilmu yang bisa diaplikasikan termasuk melahirkan inovasi Si Adek. Untuk mewujudkannya perlu adanya target kinerja dalam jangka pendek, menengah dan panjang.

“Jangka pendeknya harus ada penandatanganan komitmen bersama penerapan sistem administrasi elektronik dengan perangkat daerah. Lalu, tersedianya dokumen roadmap perencanaan infrastruktur sistem administrasi elektronik dan terwujudnya sosialisasi Peraturan Bupati Tana Tidung tentang Pedoman Pelaksanaan Digitalisasi Birokrasi melalui Sistem Administrasi Elektronik di Lingkungan Pemkab Tana Tidung,” ungkapnya.

  • Bagikan