KPU Kaltara Bentuk Tim Khusus untuk Verifikasi Faktual Parpol

  • Bagikan
Ketua KPU Kaltara, Suryanata Al Islami

FAJAR, TANJUNG SELOR — KPU Kaltara segera melakukan verifikasi faktual partai politik, mulai 15 sampai 17 Oktober. Tahapan ini merupakan lanjutan, setelah proses verifikasi administrasi perbaikan rampung.

Ketua KPU Kaltara, Suryanata Al Islami mengatakan, pihaknya sisa menunggu pengumuman dari KPU RI, tentang partai apa saja yang lolos mengikuti proses verifikasi faktual. Rencananya, kata dia, hasil dari tahapan verifikasi administrasi perbaikan akan diumukan hari ini.

Sementara tahapan verifikasi faktual akan dimulai pada 15 Oktober hingga 17 Oktober mendatang, untuk tingkat provinsi. Sementara untuk tingkat kabupaten/kota, mulai 15 Oktober sampai 4 November.

“Kami akan melakukan verifikasi terhadap ketua, sekretaris, dan bendahara, kemudian status sekretariat, dan melihat keterwakilan perempuan. Kami untuk tingkatan pengurus parpol tingkat provinsi,” ungkapnya kepada FAJAR, saat ditemui usai Rapat Koordinasi bersama KPU dan Bawaslu se-Kaltara di Hotel Pangeran Khar, siang tadi.

Pihaknya, sudah membentuk tim khusus yang akan bekerja selama jalannya proses verifikasi faktual. “Nanti kami yang akan langsung mendatangi setiap sekretariat parpol, di tingkatan pengurus provinsi,” bebernya.

Kemudian tingkatan KPU kabupaten/kota akan melakukan kepengurusan parpol di daerah, sekretariat, hingga status keanggotaan. Makanya, kata dia, KPU kabupaten/kota punya rentan waktu yang cukup panjang untuk melakukan verifikasi.

Nantinya proses verifikasi faktual hanya dilakukan untuk parpol yang tak mendapat kursi di parlemen saat ini. “Sementara yang sudah mendapat kursi, hanya melalui verifikasi administrasi saja. Kami masih menunggu siapa-siapa, parpol yang lolos tahap selanjutnya,” tambahnya. (*)

  • Bagikan