Zainal A Paliwang Rayu Bupati Berau Gabung ke Kaltara 

  • Bagikan

FAJAR, TANJUNG SELOR – Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Zainal A Paliwang kembali menawarkan kepada Berau untuk bergabung ke Kaltara pada silaturahmi dan dialog kerja sama ekonomi dan pembangunan di Berau pada Kamis (27/10).

Zainal mengatakan apa yang dilakukan ini merupakan upaya untuk kembali ke sejarah awal rencana pembentukan Kaltara. Saat itu, pertemuan pertama dilakukan di Derawan dengan inisiator Berau, Bulungan dan Tarakan.

“Tiga daerah ini yang bersatu untuk membentuk Daerah Otonomi Baru (DOB) Kaltara. Tapi dalam perjalanan, terjadi perubahan aturan syarat administrasi,” ujar Zainal, Jumat (28/10).

Sebelumnya itu hanya menyebutkan tiga kabupaten/kota bisa terbentuk sebuah provinsi, tapi setelah aturannya direvisi, maka syaratnya berubah menjadi minimal harus ada lima kabupaten/kota baru bisa terbentuk sebuah provinsi.

“Makanya dibentuklah Malinau dan Nunukan pada saat itu. Tapi ketika di akhir, tiba-tiba Berau mundur dan menyatakan belum bisa bergabung dengan Kaltara, maka dibentuklah Kabupaten Tana Tidung sehingga memenuhi syarat lima kabupaten/kota,” bebernya.

Mantan Wakapolda Kaltara ini menuturkan, mengingat saat ini Kaltara sudah 10 tahun berjalan, makanya diupayakan kembali agar Berau ini sebagai ‘saudara’ yang turut memperjuangkan Kaltara dulunya dapat bergabung.

Ditegaskannya, yang menjadi hal utama dan keutamaan kenapa Berau diajak bergabung ke Kaltara adalah masalah pelayanan terhadap masyarakat. Jika bergabung ke Kaltara, tentu akan semakin cepat dan dekat untuk dijangkau.

  • Bagikan