Panwascam Harus Kedepankan Integritas

  • Bagikan

FAJAR, TANJUNG SELOR – Bawaslu Kabupaten Bulungan, lakukan kunjungan ke Sekretariat Panwaslu Kecamatan Tanjung selor, Rabu, 23 November. 

Kunjungan tersebut dilakukan, guna memantau kesiapan sekretariat Panwaslu Kecamatan di Kabupaten Bulungan, salah satunya di Kecamatan Tanjung Selor. 

Ketua Bawaslu Bulungan, Ahmad disela kunjungan itu menyampaikan beberapa hal, salah satunya, ia meminta persiapan dan pengawasan mengingat saat ini sudah memasuki tahapan rekrutmen Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Komisi Pemilihan Umum (KPU). 

“Lakukan pengawasan sesuai dengan tupoksi yang diatur dalam Undang-undang, termasuk pengawasan pada tahapan rekrutmen PPK di KPU,” ungkap Ketua Bawaslu Bulungan, Ahmad kepada anggota Panwaslu Kecamatan Tanjung Selor. 

Selain itu, terhadap Panwaslu di setiap Kecamatan di Bulungan diminta untuk tetap menjaga integritas dalam pengawasan pemilu. Bahkan, jika terpaksa bertemu dengan Partai Politik (Parpol) disarankan untuk langsung ke Sekretariat Panwaslu Kecamatan atau ke Bawaslu jika kemudian hendak berkonsultasi. 

Apalagi saat ini telah disediakan layanan Bawaslu berupa Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH),  melalui layanan ini, informasi atau pengetahuan tentang hukum bisa dikonsultasikan untuk kemudian bisa dijadikan pembelajaran bersama. 

Itu dilakukan sebagai upaya dan bentuk pencegahan terhadap tindakan yang berpotensi menimbulkan pelanggaran. Melalui JDIH informasi soal hukum dapat terpublikasikan kepada masyarakat, apalagi di Bawaslu Bulungan telah disediakan perpustakaan khusus serta menyajikan beberapa buku yang bisa diakses demi meningkatkan pemahaman mengenai hukum. 

  • Bagikan