Asmin Laura Hafid Sampaikan Pesan Anti Perundungan di HUT SMPN 1 Nunukan

  • Bagikan

FAJAR, NUNUKAN – Usia SMPN 1 Nunukan tak muda lagi. Telah berdiri sejak 43 tahun silam, membuat pendidikan di salah satu sekolah unggulan di wilayah perbatasan ini telah berkembang.

Bupati Nunukan Asmin Laura Hafid pun merasa bangga, di momen kegiatan Peringatan HUT ke-43 SMPN 1 Nunukan, Senin, 28 November. Apalagi dia adalah alumni angkatan tahun 2000 di sekolah tersebut.

Dia mengatakan SMPN 1 Nunukan telah banyak menorehkan prestasi, baik di level Kabupaten, Provinsi, maupun Nasional. Prestasi yang diraih merupakan buah dari kerja sama dan kerja keras dari semua pihak, mulai dari Kepala Sekolah, para guru, tenaga pendidik, para orang tua dan wali murid, serta yang terpenting adalah siswa dan siswi yang tidak pernah lelah untuk belajar.

Dalam dunia pendidikan saat ini juga menghadapi tantangan yang semakin kompleks. Terutama perkembangan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Dengan penerimaan sistem zonasi untuk siswa baru, penggunaan perangkat gawai untuk belajar, dan implementasi kurikulum merdeka belajar juga menjadi tantangan baru yang harus di sikapi dengan bijak.

“Persoalan lain yang saat ini banyak dihadapi oleh sekolah-sekolah adalah masalah penrundungan atau bully. Masalah bully tidak bisa kita anggap enteng, karena ini merupakan fenomena gunung es, sedikit yang bisa terungkap, padahal peristiwa yang tidak terungkap sebetulnya sangat banyak. Kita semua sepakat, tindakan bully tidak bisa dibenarkan. Apapun bentuknya bully sangat berbahaya, dan berpotensi menghancurkan masa depan para korbannya”, tegas Laura

Untuk itu dia berharap agar siswa-siswi saling menghargai teman-temannya. Jangan karena hanya mengikuti trend dan ingin viral, akhirnya teman-teman yang menjadi korban.

Bupati Laura juga menyerahkan hadiah kepada siswa-siswi yang menjuarai lomba gelar karya dan juga menyerahkan apresiasi kepada 10 guru dan tenaga pendidik SMPN 1 Nunukan yang dipilih langsung oleh siswa siswi dari SMPN 1 Nunukan.

Setelah acara peringatn HUT Ke 43 SMPN 1 Nunukan selesai, Bupati Laura berkesempatan meninjau stand-stand bazar siswa-siswi dari SMPN 1 Nunukan. Bupati Laura juga membeli beberapa hasil karya Lukisan dari siswa-siswi SMPN 1 Nunukan.

Kemudian Bupati Laura juga meninjau kegiatan Kemenkeu Mengajar melalui instansi Vertikal Bea Cukai, Pajak dan KPPN, yang diadakan di aula SMPN 1 Nunukan.

Kepala Sekolah SMPN 1 Nunukan Rustiningsih mengatakan bahwa SMPN 1 Nunukan merupakan salah satu sekolah Penggerak angkatan pertama sejak tahun 2021 dan saat ini SMPN 1 Nunukan di dampingi oleh Kemendikbud Ristek RI, Fasilitator program sekolah penggerak Sudirman dari Universitas Borneo.

“Dalam peringatan HUT Ke 43 SMPN 1 Nunukan ini, kita mengambil tema “Bergerak Bersama Hentikan Perundungan Untuk Mewujudkan Profil Pelajr Pancasila,” ini merupakan program dari sekolah penggerak. Dapat kita ketahui bersama bahwa jumlah total alumni dari SMPN 1 Nunukan hingga saat ini berjumlah 17.502 alumni”, ungkapnya.

Kepala Dinas Pendidikan Kab. Nunukan Ahmad pada kesempatan ini juga menyampaikan bahwa SMPN 1 Nunukan sangat tepat di katakan sebagai sekolah “Sang Juara”, karena selama 43 tahun telah mencetak alumni-alumni yang sukses. Bahkan sebagian besar yg duduk di kursi legislatif hasil dari pilihan masyarakat Kab. Nunukan adalah alumni dari SMPN 1 Nunukan.

“Semoga SMPN 1 Nunukan jadi sang juara, bukan hanya saat ini tapi sampai seterusnya, bahwa SMPN 1 Nunukan menjadi pilot project dari sekolah-sekolah yang lain yang ada di Kab. Nunukan.” ujarnya.(*)

  • Bagikan