Pengadilan Tinggi Kaltara Resmi Terbentuk 

  • Bagikan

FAJAR, TANJUNG SELOR– Rencana pembentukan Pengadilan Tinggi (PT) di Kalimantan Utara (Kaltara) semakin jelas, setelah dilantiknya Wakil Ketua Pengadilan Tinggi (KPT) Kaltara. DI Pengadilan Negeri Tanjung Selor, Jumat, 16 Desember. 

Pasalnya, pembentukan PT di Kaltara sebagai amanah dari Undang-Undang Nomor 9 tahun 2021,tentang pembentukan Pengadilan Tinggi baru, salah satunya di Kaltara. 

Dengan keberadaan PT di Kaltara, pemerintah tentu saja berharap, layanan peradilan, hukum kepada masyarakat di wilayah Kaltara aksesnya lebih dekat. 

“Tugas Pengadilan Tingkat Banding itu, antara lain memeriksa dan mengadili perkara-perkara pada level banding. Jadi, kalau ada orang atau para pihak merasa keputusan oleh Pengadilan Negeri itu tidak puas, maka mereka boleh banding ke Pengadilan Tinggi Kaltara,” ucap Kepala Pengadilan Tinggi Kaltara, Fredrik Willem Saija, siang tadi. 

Namun, untuk sementara PT Kaltara masih menangani perkara pidana umum, dan perdata. Kemudian, kata dia di tahun 2023, Pengadilan Negeri (PN) Kelas 1 B Tanjung Selor, bakal dinaikkan statusnya menjadi Pengadilan Negeri kelas 1 A. 

“Disitu, nanti akan ada PN Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), dan  Pengadilan Hubungan Industrial (PHI),” ucapnya. 

Kehadiran PHI di Kaltara, nantinya akan memudahkan urusan perkara antara pekerja atau buruh dan sebagainya. Karena selama ini perkara tersebut dilimpahkan ke Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim).  Demikian juga perkara Tipikor, jadi dengan ditingkatkan tipe PN Tanjung Selor menjadi Kelas 1 A, maka perkara tersebut bisa diselesaikan di Kaltara. 

  • Bagikan