Ketua TGUPP Kaltara : Masyarakat Bisa Berdonasi Dukung Pembangunan Kawasan Kesultanan Bulungan 

  • Bagikan

FAJAR, TANJUNG SELOR — Ketua TGUPP Kaltara, Bastian Lubis menjadi sosok dibalik terealisasinya pembangunan Kawasan Kesultanan Bulungan di Tanjung Palas. Rektor Universitas Patria Artha ini getol memperjuangkan pembangunan kawasan kerajaan tersebut. 

Kepada FAJAR, Bastian Lubis mengatakan, upaya yang selama ini dilakukan semata-mata untuk mengembalikan kejayaan Kesultanan Bulungan. Tak hanya menjadi pusat sejarah, kawasan tersebut bisa menjadi pusat wisata budaya bagi masyarakat. 

Kata dia, sesuai komitmen gubernur, anggaran telah dialokasikan untuk pembangunannya mulai 2023 mendatang. Namun tak hanya memanfaatkan dana pemerintah baik APBD ataupun APBN, tetapi dari donasi masyarakat. 

Kata dia, masyarakat bisa ikut membantu pembangunan Kesultanan Bulungan. Layaknya seperti Masjid di CPI Makassar, yang juga melibatkan sumbangan dari berbagai pihak, untuk ikon sejaran Bulungan pun masyarakat bisa ikut berpartisipasi. 

“Kemampuan daerah tentu terbatas, jadi donasi dari seluruh masyarakat ataupun pihak swasta sangat penting.  Nantinya tinggal dipisahkan mana yang dibangun pakai anggaran pemerintah dan mana yang pakai dana donasi,” ungkapnya. 


Diapun yakin Kesultanan Bulungan, akan kembali berjaya dengan revitalisasi yang dilakukan pemerintah. Apalagi areal istana yang dibangun, tak menghilangkan desain aslinya. (*)

  • Bagikan