Pemerintah Cabut PPKM, BPBD Bulungan Tetap Minta Masyatakat Waspada 

  • Bagikan
Plt Kepala Pelaksana BPBD Bulungan, Darmawan

FAJAR, TANJUNG SELOR – Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi mencabut kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), Jumat, 30 Desember. Kebijakan ini tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 50 dan 51 Tahun 2022.

Pelaksana Tugas Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bulungan, Darmawan saat dikonfirmasi membenarkan bahwa saat ini pemerintah telah mencabut PPKM di seluruh wilayah Indonesia. 

Namun, secara resmi Satgas Penanganan Covid-19 Bulungan belum menerima salinan Inmendagri terkait hal tersebut.

“Belum, kebijakan pencabutan PPKM ini kan secara resmi baru diumumkan hari ini (kemarin, Red),” kata Darmawan kepada Radar Kaltara,

Dengan adanya kebijakan ini tentu akan ada turunan lebih lanjut di daerah. Meski sudah dicabut, Satgas Penanganan Covid-19 Bulungan tetap mengimbau masyarakat untuk tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan (prokes). 

“Aturan terkait PPKM memang sudah dicabut. Tetapi, status darurat kan masih berlaku. Artinya, sekarang ini masih pandemi. Belum endemi,” ungkapnya.

Karena itu, Satgas Penanganan Covid-19 melalui BPBD Bulungan akan terus memberikan edukasi kepada masyarakat terkait penerapan prokes. Walaupun, pemerintah sudah mengeluarkan kebijakan pencabutan status PPKM.

“Kalau melihat kondisi sekarang ini, kasus Covid-19 di Bulungan memang sudah melandai. Tetapi, bukan berati Covid-19 itu hilang. Jadi, kita harus tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan dengan tetap menggunakan masker,” bebernya.

  • Bagikan