SPN Polda Kaltara Beroperasi, Kuota Penerimaan Calon Anggota Polri Bertambah

  • Bagikan

FAJAR, TANJUNG SELOR – Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Kaltara yang berlokasi di Jalan Swadaya, Desa Tanjung Lapang, Kecamatan Malinau Barat, Malinau akan segera beroperasi. Dengan beroperasinya SPN, Polda Kaltara akan menambah jumlah kuota penerimaan Bintara Polri dari 200 orang menjadi 350 orang.

Kapolda Kaltara Irjen Pol Daniel Adityajaya mengatakan, untuk program pendidikan dan pelatihan (prolat) Polri direncanakan akan dimulai bulan ini. Sementara, untuk Pendidikan Pembentukan (Diktuk) Bintara Polri diperkirakan akan dibuka pada pertengahan tahun ini. “Sekarang ini kita masih melakukan pembenahan sarana dan prasarana (sarpras) yang ada di SPN,” kata Daniel beberapa waktu lalu. 

Di sisi lain, Polda Kaltara juga masih menyiapkan untuk tenaga pendidik di SPN. Untuk peresmian, jenderal bintang dua ini mengaku belum bisa memastikan secara pasti. “Kalau peresmian kita belum tahu. Tetapi, kalau kita menunggu peresmian dikhawatirkan program prolat tertunda,” ungkapnya.

Karena itu, prolat akan berjalan secara paralel dengan peresmian SPN. Kemungkinan, prosesnya akan dimulai pertengahan tahun ini. “Iya, kemungkinan pertengahan tahun ini sudah diresmikan,” bebernya.

Untuk tahap awal, pelaksanaan kegiatan di SPN diakuinya belum berjalan maksimal. Karena masih ada beberapa yang belum operasional. “Tetapi, bagaimanapun SPN harus tetap berjalan,” ujarnya.

Apalagi saat ini animo pendaftaran calon siswa (casis) Polri cukup tinggi, sementara kuota setiap tahun terbatas. Dengan beroperasinya SPN diharapkan jumlahnya dapat bertambah. “Kalau SPN sudah beroperasi kita bisa menambah kuota hingga 70 persen. Tetapi, sekarang ini kita masih menyiapkan fisik bangunan sebelum beroperasi,” bebernya.

  • Bagikan