Target Investasi Naik

  • Bagikan

FAJAR, TANJUNG SELOR – Pemerintah memutuskan untuk menaikkan target investasi di Bulungan pada tahun ini. Keputusan ini diambil seiring hadirnya Kawasan Industri Hijau Indonesia (KIHI) Tanah Kuning-Mangkupadi di Kecamatan Tanjung Palas Timur, Bulungan.

Bupati Bulungan, Syarwani mengatakan, sebelumnya dalam rapat koordinasi nasional (Rakornas) investasi 2022 disampaikan bahwa target investasi di Bulungan pada tahun ini sebesar Rp 124 triliun. Jumlah ini lebih besar dibandingkan 2022, yakni sebesar Rp 100,24 triliun.

“Iya, untuk target investasi tahun ini ada kenaikan dan target investasi tahun ini menjadi yang tertinggi di wilayah Kaltara,” ungkap Syarwani, Kamis, 5 Januari.

Kenaikan target, sambung Syarwani, ditetapkan berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan oleh Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) RI. Apalagi, wilayah Bumi Tenguyun dinilai sangat potensial.


“Jadi, di wilayah Kaltara. Khususnya, Bulungan ini dinilai sangat potensial. Sehingga, target investasi tahun ini dinaikkan oleh pemerintah pusat,” ungkapnya.

Kemungkinan, hasil pemetaan yang dilakukan BKPM, Bulungan ini ke depan akan menjadi daerah yang padat investasi seiring hadirnya proyek strategis nasional (PSN) KIHI. “Ke depan kawasan industri ini juga akan menjadi kawasan pertumbuhan ekonomi,” bebernya.

Untuk mencapai target, ada beberapa langkah yang akan dilakukan oleh Pemkab Bulungan. Salah satunya, memberikan kepastian terkait layanan perizinan kepada investor. “Kita berkomitmen untuk memberikan kemudahan dan mempercepat seluruh perizinan kepada investor,” ujarnya.

  • Bagikan