Bawaslu Bulungan Buka Seleksi Panwas Kelurahan dan Desa 

  • Bagikan

FAJAR, TANJUNG SELOR — Bawaslu Bulungan akan segera membuka pendaftaran seleksi Panwaslu di tingkat kelurahan dan desa. Pendaftaran dan penerimaan berkas dimulai tanggal 14 hingga 19 Januari mendatang. 

Kepada FAJAR, Ketua Bawaslh Bulungan Ahmad mengatakan, saat ini tahapan seleksi Panwas Kelurahan/Desa, yakni masa sosialisasi hingga 13 Januari mendatang. Nantinya setiap kelurahaan/desa akan diisi satu pengawas saja. Berbeda dengan Panwas Kecamatan yang diisi tiga anggota. 

Proses seleksi pun, kata dia, tak berjalan lama. Hanya seleksi administrasi dan wawancara. “Tugasnya sama, mengawasi tahapan dan proses pemilu serta pilkada yang berjalan serta membantu tugas-tugas Bawaslu hingga Panwascam,” ungkapnya. 

Kata dia, dibutuhkan pengawas berintegritas untuk menjalankan tugas-tugas tersebut. Makanya, yang mendaftar tak boleh berafiliasi dengan parpol atau tim calon tertentu. Apalagi ada proses meminta tanggapan masyarakat, untuk memastikan panswas kelurahan/desa bebas dari hal tersebut. 

Anggota Bawaslu Bulungan, Ali Akbar mengajak seluruh masyarakat untuk bisa menyukseskan tahapan pemilu dan pilkada 2024. Salah satunya dengan terlibat langsung sebagai pemgawas, demi memastikan jalannya pesta demokrasi berlangsung aman.  (*) 

  • Bagikan