Bawaslu Bulungan Temukan 143 Data Ganda Dukungan Bakal Calon DPD RI

  • Bagikan

FAJAR, TANJUNG SELOR — Bawaslu Bulungan menemukan data ganda pada dukungan bakal calon Anggota DPD RI Dapil Kaltara. Totalnya mencapai 143 data dukungan, khusus di wilayah Bulungan. 

Anggota Bawaslu Bulungan, Ali Akbar mengatakan, puhaknya telah melakukan pencermatan, atas seluruh data dukungan bakal calon anggota DPD RI. Selain temuan data dukungan dari PNS, ditemukan juga data ganda, dari setiap kandidat calon. 

Data ganda tersebut, , kata dia, meliputi ganda internal dan eksternal. “Kalau ganda internal, artinya ada ada dua atau lebih nama yang sama dalam dukungan satu calon. Sementara ganda eksternal itu ada orang yang mendukung lebih dari satu calon DPD,” ungkapnya kepada FAJAR, saat berbincang di kantornya. 

Ali Akbar mengatakan, total keseluruhan ada 143 data yang ganda.  Pihaknya sudah meminta KPU, untuk segera melalukan klarifikasi kepada nama-nama tersebut. Satu orang, kata dia, hanya boleh mendukung satu calon saja  

“Langsung diklarifikasi ke yang bersangkutan, agar tak ada lagi dukungan ganda. Bisa didatangkan langsung oleh KPU atau via virtual, untuk memastikan tak ada dukungan yang ganda seperti saat ini,” tambahnya.  

Ketua Bawaslu Bulungan, Ahmad menambahkan, ada total 4.000 lebih data dukungan DPD RI yang telah diperiksa. Dari hasil tersebut, ada beberapa dukungan yang memang ganjal dan tak memenuhi syarat sesuai PKPU Nomor 10 tahun 2022. 

Yakni, 16 dukungan dari PNS, 1 dukungan dari perangkat desa, dan 143 dukungan ganda. “Kami sudah menyerahkan datanya ke KPU, agar segera dilakukan verifikasi dan klarifikasi secara langsung dari temuan tersebut,” tambahnya.  (*) 

  • Bagikan