Sungai Kayan Tercemar Limbah Oli

  • Bagikan

FAJAR, TANJUNG SELOR – Dugaan pencemaran Sungai Kayan di Tanjung Selor kembali terjadi. Pasalnya, dalam beberapa hari terakhir air sungai berubah menjadi kuning kecokelatan.

Berdasarkan pantauan, air yang mengalir di Sungai Kayan tak hanya berubah warna, secara kasat mata nampak seperti gumpalan oli yang terpisah dengan air sungai.

Salah seorang warga Tanjung Selor, Amin (34) mengatakan, dugaan pencemaran ini sudah berlangsung sejak beberapa hari lalu. Namun, kondisi yang sangat parah terjadi Sabtu (7/1) lalu. “Kalau sekarang ini kan gumpalan oli sudah berkurang. Kalau sebelumnya terlihat jelas gumpalan oli,” kata Amin kala ditemui di Pelabuhan Kayan IV, Rabu, 11 Januari. 

Karena itu, pria yang sehari-hari beraktivitas di Sungai Kayan itu berharap agar pemerintah bisa segera menindaklanjuti hal tersebut. “Kita kan biasa memanfaatkan air Sungai Kayan ini. Kalau kondisinya tercemar takut juga kita,” ungkapnya.

Menurutnya, dugaan pencemaran ini bukan kali pertama terjadi di Sungai Kayan. Sebelumnya, hal serupa juga sudah pernah terjadi. “Kita belum melapor, karena kita orang kampung ini tidak tahu juga mau melapor ke siapa,” bebernya.(*)

  • Bagikan