Data Penerima Beasiswa “Kaltara Unggul” Masih Bermasalah, Bantuan Terancam Hangus 

  • Bagikan

FAJAR, TANJUNG SELOR —  Data penerima beasiswa “Kaltara Unggul” ternyata masih bermasalah. Akibatnya, pencairan belum bisa dilakukan, lantaran adanya sejumlah data penerima yang bersoal. 

Data yang dihimpun FAJAR, total anggaran beasiswa “Kaltara Unggul” mencapai Rp15 miliar, yang merupakan alokasi pada APBD Perubahan 2022. Dengan total penerima mencapai 5.957 penerima. 

Bank Kaltimtara mendapat jatah Rp11 miliar untuk disalurkan kepada 4.984 penerima. Sementar bank pelat merah lain (Himbara) mendapat jatah Rp4 miliar untuk disalurkan ke 973 penerima. 

Penyelia Layanan Bank Kaltimtara Cabang Tanjung Selor, Fajar Bima Saputra  menyebutkan, mengatakan penyaluran beasiswa tersebut memang masih terus berjalan. Hingga saat ini transfer dilakukan setiap saat, sesuai kelengkapan dokumen penerima. 

Meski begitu pihaknya mengakui, ada beberapa kendala dalam penyaluran bantuan tersebut. “Seperti ada penerima yang tidak mencantumkan nomor rekening. nomor rekening yang salah, hingga perberdaan nama penerima,” ungkapnya saat ditemui di kantornya, Selasa, 24 Januari.  

Dia menjelaskan, khusus dari Bank Kaltimtara masih ada 469 penerima yang belum mendapat transfer bantuan, dengan total nilai Rp600 juta. Penyebabnya karena ada yang tak mencantumkan nomor rekening, hingga kesalahan pada data penerima. 

Sementara dari bank lain, ada 63 data penerima yang dilakukan pengembalian (return) dengan total nilai mencapai Rp58 juta. “Penyebab pengembalian ini karena ada nomor dan nama rekening penerima yang beda-beda,” terangnya. 

  • Bagikan