KPU Rampungkan Tahapan Coklit, Ada 5.000 Pemilih Baru yang Terdata 

  • Bagikan

FAJAR, TANJUNG SELOR — KPU Bulungan merampungkan tahapan pencocokan dan penelitian (coklit). Ada sejumlah data pemiluh tambahan, yang baru.  

Ketua KPU Bulungan, Lili Suryani mengatakan, tahapan coklit telah berjalan sejak 12 Februari hingga 14 Maret kemarin. Proses secara manual telah dirampungkan 100 persen dengan total 480 TPS di 81 desa/kelurahan. 

Sementara melalui e-coklit hanya, 98 persen. Tersisa 2 persen yang belum disinkronkan karena kondisi jaringan internet yang terbatas, seperti di wilayah Kecamatan Peso. 

“Ada total 111.537 sasaran coklit di Bulungan. Tetapi setelah rampung, ternyata ada penambahan 5.000 data potensi pemilih baru. Kemudian ada pula yang tidak memenuhi syarat seperti meninggal dunia, belum cukup umur dan lain-lain sebanyak 3.000 data,” bebernya, saat ditemui di ruang kerjanya, siang kemarin.  

Tahapan selanjutnya, pihaknya akan melakukan pendalaman data yang akan dilakukan oleh badan adhoc. Akan dilihat berapa data pasti tambahan pemilih, hingga jumlah pemilih yang tidak memenuhi syarat sebelum ditetapkan menjadi DPS pada April mendatang. (*) 

  • Bagikan