Jalan Terjal PSM Makassar hingga Berhasil Juarai Liga 1 

  • Bagikan

FAJAR, TANJUNG SELOR — Penantian panjang PSM Makassar, akhirnya terbalaskan. Pasukan Ramang berhasil mengunci takhta juara Liga 1 setelah berhasil mengalahkan Madura United, 3-1, malam tadi.  

Perjalanan menunu kampiun Liga 1 musim ini memang tidak mudah. Nyaris terdegradasi ke Liga 2 sempat menjadi momok yang menakutkan baik untuk para pemain, hingga seluruh suporter PSM di Tanah Air. 

Namun PSM memang berhasil berbenah. Kedatangan Bernardo Tavares di awal musim dapat mengubah penampilan Pasukan Ramang yang pada musim sebelumnya harus finis di peringkat 14. Bahkan, lolos dari zona degradasi saja pada Liga 1 2021/2022, rasanya mirip juara Liga 1.

PSM tak akan melupakan peristiwa kala berhasil menaklukkan Persiraja Banda Aceh dengan skor 1-0 pada laga pekan ke-33, Jumat, 26 Maret 2022. Gol semata wayang Ferdinan Sinaga yang meloloskan PSM dari kubangan degradasi.

Nah, memasuki musim 2022/2023, manajemen merombak PSM. Pemain “terjangkau” didatangkan, meski bukan megabintang. Termasuk ganti pelatih, dengan mendatangkan Bernardo Tavares dari Portugal, negara megabintang sepak bola: Cristiano Ronaldo.

Perlahan tapi pasti. Hasilnya mencengangkan. Saat ini, PSM berada di puncak klasemen hingga berhasil mengunci gelar juara. Sepanjang liga musim ini, PSM baru kalah dua kali. Sebuah rekor fantastis untuk sebuah tim yang nyaris bergabung di divisi dua alias Liga 2.

Kemenangan kontra Madura United juga memastikan PSM keluar sebagai juara Liga 1 musim 2022-2023 usai perolehan poin 72 tidak mampu di kejar lagi oleh Persib Bandung.

Penantian masyarakat Sulawesi Selatan untuk melihat tim kebanggan juara akhirnya terbayarkan setelah menunggu selama 23 tahun.(*) 

  • Bagikan