BNPB dan Bupati Bulungan Sepakat Tingkapkan Kesiapsiaagaan Bencana 

  • Bagikan

FAJAR, TANJUNG SELOR – Disela pelaksanaan Rapat Koordinasi Daerah Penanggulangan Bencana (Rakorda PB) se-Provinsi Kalimantan Utara dengan tema “Membangun Kapasitas Daerah Menuju Resiliensi Berkelanjutan” yang di gelar di Kota Tarakan. 

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyempatkan singgah di Kabupaten Bulungan selain bernostalgia tempat penugasan awal menjadi anggota TNI juga sebagai upaya penguatan kesiapsiagaan pemerintah daerah dalam menghadapi ancaman bencana.

Dalam pertemuan yang digelar di ruang rapat Kantor Bupati Bulungan Kepala BNPB, Letjen TNI Suharyanto.,S.Sos.,M.M, mengatakan. 

“Hari ini atas perintah bapak presiden saya ke Kaltara untuk melaksanakan rapat koordinasi meningkatkan kesiapsiagaan dan kemampuan Pemda menghadapi cuaca ekstrem. Yang berpotensi menjadi penyebab terjadinya bencana,”ungkapnya, Rabu (7/2/2024).

Menurutnya, awal tahun potensi terjadinya bencana hidrometeorologi basah, seperti banjir, tanah longsor, cuaca ektrem patut diwaspadai. Sesuai data metigasi BNPB potensi bencana nomor satu yang mengancam wilayah Kaltara termasuk Bulungan adalah banjir dan tanah longsor.

“Kami sudah berkoordinasi dengan pak Bupati Bulungan, kita sepakat untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsigaan,”terang pria yang sempat menjadi komanda kompi senapan di Bulungan  tahun 1992 hingga 1994 tersebut.

Selain itu BNPB, juga akan membantu perlengkapan dan anggaran dalam rangka persiapan apabila terjadi kejadian bencana sehingga Pemda melalui BPBD sudah siap turun ke lapangan ketika terjadi bencana, sehingga meminimalisir dapak yang dirasakan oleh masyarakat. 

  • Bagikan