Biro PBJ Kaltara Gelar Bimtek Pengelolaan Katalog Elektronik 

  • Bagikan

FAJAR, TANJUNG SELOR — Biro Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) Setda Pemprov Kaltara, menggelar kegiatan Bimbingan Teknis Pengelolaan Katalog Elektronik dan Strategi E-Purchasing Pengadaan Pekerjaan Konstruksi, di Hotel Luminor, Tanjung Selor, Kamis, 4 April. 

Kepala Biro PBJ Pemprov Kaltara, Amir Hamsyah mengatakan, tujuan kegiatan ini untuk memberikan pemahaman serta menyamaka persepsi PPK, PPTK, pejabat pengadaan, hingga penyedia. 

Upaya ini, kata dia dilakukan sebagai langkah untuk menghindari dampak hukum. Sehingga pihaknya sebagai instansi yang bertangung jawab, ingin agar semua pika satu persepsi dalam proses pengadaan barang dan jasa. Termasuk untuk konstruksi. 

“Sehingga ada pemahaman yang sama bahwa e-purchasing adalah bagian dari pengadaan barang dan jasa selain e-tendering. Sebenarnya keduanya sama, cuma satu menggunakan pokja satunya lagi meggunakan e-katalog,” ungkapnya. 

PPK, kata dia, menjadi admin atas proses tersebut, sehingga unsur PBJ tidak tertibat langsung. “Kami hanya akan menyiapkan etalase. Contohnya, etalase konstruksi, OPD yang bermohon ke kami untuk membuatkan etalasenya,” tambahnya. 

Untuk kegiatan kali ini akan digelar hingga Jumat 5 April besok. Pemateri dari Korsubgah KPK Wilayaah IV Kalimantan Utara, Basuki, yang memberikan pemahaman secara lengkap tentang semua proses tersebut. (*) 

  • Bagikan

Exit mobile version