KKSS KTT Turut Meriahkan Tulak Bala Bulan Safar 

  • Bagikan

FAJAR, TANA TIDUNG — Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Kabupaten Tana Tidung (KTT) turut memeriahkan budaya Tulak Bala Bulan Safar, Rabu 21 September. 

Ketua KKSS KTT Agus Salim pun langsung hadir di acara tersebut. Kepada FAJAR, dia mengatakan ini sebagai bentuk dukungan akan budaya masyarakat Tidung. Menurutnya sekaligus menjadi salah satu ihktiar untuk meminta perlindungan kepada yang maha pencipta. 

“Sebagai warga Bugis, kami selalu menjaga silaturahmi dan terlibat dalam kegiatan budaya masyarakat setempat. Apalagi kegiatan ini turut memberikan prestasi bagi daerah,” ungkapnya kepada FAJAR, pagi tadi.

Tampak perayaan kegiatan ini begitu meriah. Masyarakat berbaur satu sama lain, untuk meminta perlindungan kepada Allah SWT, di momen tersebut.  

Bupati Tana Tidung, Ibrahim Ali mengatakan substansi diadakannya budaya adat tulak bala ini, untuk memohon perlindungan kepada Tuhan Yang Maha. Prosesinya mulai dari pembuatan imbiuku (ketupat) yang telah memecahkan rekor dengan jumlah terbanyak.  

Kemudian ada proses mandi Safar dan timbang bayi bagi yang lahir di bulan Safar. “Ini dilakukan agar terhindar dari bala bencana. Maka sudah sepantasnya kita memohon ampunan dan bermunajat serta berdoa hanya kepada Allah SWT agar bala tidak menghampiri kita,” pesan Ibrahim Ali.

  • Bagikan

Exit mobile version