Kadis Kominfo Tegaskan Tahapan Seleksi KI Tingkat Pansel Telah Rampung

  • Bagikan

Sisa Hasil Fit and Propert Test di DPRD

FAJAR, TANJUNG SELOR — Tahapan seleksi Proses seleksi anggota Komisi Informasi (KI) Provinsi Kaltara telah rampung di tingkatan panitia seleksi. Sisa proses akhir yang kini berada di tangan legislatif atau DPRD Kaltara.

Kepala Dinas Kominfo, Statistik, dan Persandian (DKISP) Kaltara, Ilham Zain mengatakan, proses yang dilakukan di tingkatan panitia seleksi dan internal DKISP. Tahapan seleksi sudah berjalan sejak November 2022 hingga April 2023.

“Pak Gubernur, telah menyurat ke DPRD sejak 4 April lalu, untuk melakukan fit and propert test terhadap 15 kandidat komisioner KI. Tahapan seleksi di tingkatan pansel telah kami rampungkan saat itu,” bebernya kepada FAJAR, siang tadi.

Namun, kata dia, tahapan fit and propert tes baru berjalan di DPRD Kaltara, pada akhir Mei lalu. Proses ini pun tak memakan waktu lama, hanya berjalan dua hari saja. Namun sampai saat ini hasil dari tahapan tersebut belum disampaikan oleh legistatif.

“Sekarang prosesnya ada di dewan, untuk tingkatan pansel telah selesai. Seharusnya setelah fit and propert test, hasilnya langsung diumumkan,” ungkapnya.

Ilham mengaku, jika mengikuti prosedur, setelah fit and propert test dewan mengumumkan lima nama komisioner KI. Ditambah lima nama kandidat PAW yang nantinya akan mengisi, jika terjadi kekosongan di tengah kepengurusan nantinya.

“Kami telah memastikan tahapan yang berjalan di tingkatan pansel, sudah sesuai prosedur dan tanpan intervensi. Sekarang kami menunggu hasil dari DPRD. Setelah diumumkan hasil ini nantinya akan diberikan ke gubernur,” tandasnya.

Bagaimana jika pengumuman seleksi ini berlarut-larut? Ilham pun menjawab berbagai dampak jika hal tersebut terjadi. Pihaknya harus mengeluarkan sk perpanjangan kepengurusan, karena kekosongan posisi. Sementara, komisioner yang sebelumnya kini sudah tak aktif lagi.

“Dampak kedua, muncul berbagai interpretasi yang tentu negatif atas keterlambatan proses fit and propert test di DPRD. Kami juga berharap tahapannya segera rampung, dan komisioner yang baru bisa segera bertugas,” tambahnya. (*)

  • Bagikan