RSKD Dadi Makassar Siapkan Kamar VIP Bagi Caleg Gagal yang Kena Gangguan Jiwa

  • Bagikan

FAJAR, MAKASSAR — Rumah Sakit Khusus Daerah (RSKD) Dadi Makassar, Sulawesi Selatan siap menampung para caleg gagal di Pemilu 2024.

Direktur RSKD Dadi Makassar, dr Arman Bausat mengatakan, hal ini untuk mengantisipasi caleg yang kena gangguan jiwa karena gagal.

“Antisipasi caleg, kami sebenarnya tetap menyiapkan karena mereka kan bekas-bekas pemimpin atau calon pemimpin,” ucapnya, Rabu, (22/2/2023).

Menurutnya, gangguan jiwa ini bisa kena siapa saja. Karena semua manusia itu ada ambang kemampuan mentoleransi stres. Ketika tidak mampu maka dia termasuk depresi.

“Kalau mentalnya kuat ya tidak apa-apa, tapi kalau mentalnya lemah apa yang diharapkan tidak sesuai kenyataan masuk. Jadi gangguan jiwa tidak tiba-tiba juga. Dia masuk depresi, tertekan, bila terus berlanjut sudah mulai halusinasi,” ujarnya.

Apalagi jika para caleg telah mengeluarkan banyak modal untuk menduduki kursi parlemen. Semakin banyak pengorbanan semakin tinggi potensi depresi.

Dosen FK Unhas ini mengaku menyiapkan kamar VIP untuk para caleg gagal. “Kami ada VIP nya tapi itu juga kembali lagi, dia harus punya BPJS. Kalau tidak punya BPJS kan kasihan kalau harus bayar,” ujarnya.

Untuk Pileg sebelumnya dia mengakui ada beberapa yang masuk. Namun dia enggan untuk membuka identitas terkait demi menjaga nama baik yang bersangkutan.

“Kita tidak punya data karena kita tidak boleh buka aibnya orang. Tapi ada,” tandasnya. (selfi/fajar)

  • Bagikan