Nunukan Menuju Smart City

  • Bagikan

FAJAR, MAKASSAR — Masterplan atau dokumen perencanaan pembangunan dan pengembangan smart city Kabupaten Nunukan siap diimplementasikan, setelah 30 OPD mengikuti sejumlah tahapan Bimbingan Teknis di Kantor Bupati Nunukan.

Pengimplementasian masterplan tersebut membutuhkan komitmen OPD untuk mewujudkan Smart City Nunukan.

Bupati Kabupaten Nunukan, Hj Asmin Laura Hafid, SE, MM, Ph.D melalui Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Nununkan, Abdul Munir mengatakan, seluruh pemangku kebijakan diminta berkomitmen dan menetapkan perwujudan Smart City.

Karena hal tersebut merupakan karya bersama, bukan hanya dewan Smart City, namun juga menjadi buah tangan para peserta bimtek dari masing masing organisasi perangkat daerah.

“ Kita mengharapkan agar segenap jajaran Dewan Smart City tetap turut mengawal terlaksananya masterplan Smart City yang sudah disusun,” kata Munir menyampaiakn Sambutan Bupati Nunukan dalam acara penutupan Bimtek Smart City, Kamis (19/10/23) Kemarin , di Lt. V Kantor Bupati Nunukan.

Lebih lanjut disampaikan Bupati Nunukan, terwujudnya Smart City di Kabupaten Nunukan dimanfaatkan bagi gernerasi selanjutnya, sehingga iktiar tersebut bisa berkesinambungan untuk masyarakat Nunukan.

“ Bila kita bisa mewujudkannya, maka kita akan meninggalkan sebuah legacy, sebuah warisan yang baik kepada generasi penerus yang akan melanjutkan pembangunan di kabupaten Nunukan ini”, ujar Abdul Munir.

Dalam kesempatan ini, mewakili Bupati Nunukan, Abdul Munir juga mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Kominfo RI yang telah mempercayakan Kabupaten Nunukan untuk mendapatkan program Smart City, termasuk bimbingan dan pendampingan yang selama ini ditelah terlaksana.

“Atas nama pemerintah kabupaten Nunukan saya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia yang telah melakukan pembimbingan kepada jajaran aparatur Pemerintah Kabupaten Nunukan dalam bimbingan teknis dalam rangka mewujudkan kabupaten nunukan sebagai kota cerdas”, ujarnya

Melalui sambutan tersebut, Bupati Nunukan menegaskan agar seluruh peserta Bimbingan Teknis terus memiliki komitmen dan semangat yang tinggi dalam rangka mewujudkan kota cerdas di kabupaten nunukan.

“Berakhirnya bimbingan teknis ini, bukanlah akhir dari segalanya, ini baru permulaan kita menapaki langkah langkah menuju terwujudnya kota cerdas di Kabupaten Nunukan. setelah melalui pembimbingan dalam tahapan tahapan bimtek ini, maka sudah tersaji dokumen yang menjadi dasar pembuatan master plan kota cerdas di kabupaten nunukan.” lanjutnya.

Karena itu Bupati Nunukan berharap setelah masterplan disusun agar dilaksanakan tahap tahap selanjutnya sehingga kota cerdas Nunukan dapat terwujud.

Setelah resmi ditutup, Kepala OPD yang hadir melakukan penandatanganan Komitmen Bersama dalam Penerapan Smart City di Kabupaten Nunukan.(*)

  • Bagikan