Helmy Yahya Bakar Semangat Pelaku UMKM Kaltara 

  • Bagikan

FAJAR, TANJUNG SELOR — Presenter kondang yang juga motivator, Helmy Yahya hadir di Kaltara pada event Seminar UMKM yang digelar oleh Tribun Kaltara, Pemkab Bulungan, dan Komunitas UMKM, di Aula Tenguyun Kantor Bupati Bulungan, Minggu, 22 Oktober. Kegiatan ini mengangkat tema Scale Up dan dihadiri oleh ratusan peserta.  

Presenter yang sempat mendapatkan julukan si Raja Kuis ini memberikan bimbingan langsung kepada para UMKM Kaltara, agar dapat menjalankan bisnis dengan baik dan memiliki strategi pemasaran dengan jangkauan yang luas.

Helmi Yahya sapaannya memaparkan peluang bisnis di Kaltara masih sangat terbuka lebar. Hal ini dapat dilihat dari jumlah populasi penduduk, kemungkinan perkembangan penduduk serta perkembangan Wilayah yang sangat strategis.

“Setiap daerah pasti memiliki potensi pasar dan produknya sendiri, sehingga hal inilah yang memang harus dipahami betul oleh para pemula atau pelaku UMKM yang sudah berjalan,” kata Helmi Yahya, Minggu, 22 Oktober 2023.

Ia menjelaskan ada beberapa hal yang memang harus diperhatikan oleh seorang pelaku UMKM dalam menjalankan bisnisnya, seperti peluang pasar, membangun kemitraan, membangun personel branding, personal perusahaan hingga memanfaatkan jaringan Media Sosial (Medsos) dalam berjualan.

“Kemitraan itu penting untuk membuat bisnis kita semakin besar. Namun sebelum memulai kemitraan kita harus melihat juga value atau track record calon mitra kita, agar selama proses kita tidak dirugikan,” jelasnya. 

“Begitu juga dengan pasar penjualan, produk Kaltara tentu akan sulit besar jika hanya dijual di Kaltara yang notabennya masyarakatnya sudah tau produk ini. Tapi jual ke Jakarta atau Kota besar lainnya dengan memanfaatkan media, disitu pasti nilai dari produk itu akan meningkat dan penjualan akan semakin besar,” terangnya.

Dalam kesempatan ini Helmi Yahya juga menekankan kepada para pelaku UMKM Kaltara agar tidak takut dalam memulai bisnis ataupun bersaing dalam bisnis. Karena setiap market bisnis memiliki peluangnya masing-masing, tergantung dari strategi dan pemanfaatan peluang yang dilakukan oleh pelaku UMKM.

“Jangan takut bersaing tapi bangunlah kolaborasi, karena hal itu akan saling menguntungkan antar pelaku UMKM, lalu jangan takut memulai, jika tidak ada modal maka kerja dan kumpul modalnya atau manfaatnya peluang lain seperti menjadi reseller atau pelaku pemasaran produk,” pungkasnya.(*)

  • Bagikan