Menteri Azwar Anas Umumkan Jadwal Pendaftaran CPNS 2024 dan PPPK

  • Bagikan

FAJAR, JAKARTA — Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Anas, mengumumkan jadwal pendaftaran CPNS dan PPPK tahun 2024.

Seleksi CPNS di sekolah kedinasan akan dimulai bulan 2024, sementara pendaftaran di seluruh Indonesia ditargetkan pada bulan Juni. “Kami targetkan pendaftaran CASN dimulai Juni 2024,” ujar Menteri Anas, dikutip dari keterangan resmi Humas KemenPAN-RB, Jumat (3/5), dikutip dari JPNN.

Kementerian PANRB telah menyetujui 1,2 juta formasi CASN, dengan 427.650 formasi untuk instansi pusat dan 862.174 formasi untuk instansi daerah.

Jumlah tersebut bagian dari tahap awal pemenuhan kebutuhan 2,3 juta ASN CPNS dan PPPK yang akan direkrut secara berkelanjutan.

Badan Kepegawaian Negara (BKN) sedang mempercepat verifikasi terhadap pengisian formasi oleh K/L dan Pemda, dengan 4 instansi yang masih harus mengisi rincian formasi.

Menteri PANRB, Abdullah Azwar Anas, menekankan pentingnya pengisian rincian formasi oleh 4 instansi yang masih tertinggal agar pendaftaran CASN dapat dimulai.

Jadwal pasti pendaftaran CPNS dan PPPK 2024 belum ditetapkan, tetapi tergantung pada kecepatan dan ketepatan pengisian formasi oleh K/L dan Pemda.

Seleksi CPNS melalui jalur sekolah kedinasan akan dimulai pada bulan Mei 2024, dengan 8 instansi penyelenggara sekolah kedinasan yang telah ditetapkan untuk alokasi formasi.

Menteri Anas menyoroti relevansi alokasi formasi dengan tantangan zaman, seperti perubahan iklim di STMKG dan digitalisasi di Politeknik Siber dan Sandi Negara. Proses pendaftaran CPNS melalui sekolah kedinasan akan dimulai seiring dengan koordinasi penetapan formasinya di masing-masing instansi. (*)

  • Bagikan