Harta Pejabat Kemenkeu yang Anaknya Tersangka Penganiayaan Hampir 4 Kali Lipat dari Dirjen Pajak, Nyaris Saingi Menteri Keuangan

  • Bagikan

FAJAR, JAKARTA — Tak ada yang menyangka, kasus penganiayaan yang melibatkan Mario Dandy Satriyo, anak dari pegawai Direktorat Jenderal Pajak akan berbuntut panjang.

Nama ayahnya Rafael Alun Trisambodo, saat ini menjabat sebagai Kepala Bagian Umum di Kanwil DJP Jakarta II.

Karena kelakuan anaknya, mata publik saat ini juga tersorot pada Rafael. Harta kekayaannya sebagai pejabat publik pun terkuak.

Ditilik dari Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) miliknya, jekayaan Rafael mencapai Rp56 miliar. Hampir empat kali lipat dari kekayaan bosnya, Direktur Jenderal Pajak, Suryo Utomo. Juga nyaris menyamai kekayaan bos besarnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Harta ini berupa tanah dan juga bangunan. Ia tercatat mempunyai sebanyak 11 aset tanah dan bangunan dengan total nilai mencapai Rp 51,93 miliar.

Sedangkan untuk alat transportasi dan mesin, ia memiliki dua unit mobil dengan total nilai mencapai Rp 425 juta. Kendaraannya yang dimiliki oleh Rafael yaitu berupa mobil Toyota Camry keluaran tahun 2008 dan mobil Toyota Kijang keluaran tahun 2018.

Tidak sampai disitu, Rafael juga diketahui mempunyai harta bergerak lainnya dengan total nilai Rp 420 juta, surat berharga dengan total nilai Rp 1,55 miliar, kas dan setara kas Rp 1,34 miliar, serta harta lainnya dengan total nilai Rp 419 juta.

Di sisi lain, berdasarkan sumber yang sama, Direktur Jenderal Pajak, Suryo Utomo hanya memiliki kekayaan Rp14,45 miliar.

Sementara Menteri Keuangan Sri Mulyani, memiliki kekayaan Rp58 miliar. Hanya terpaut Rp2 miliar dari kekayaan Rafael.(*)

  • Bagikan