Pelantikan Pengurus KNPI Kaltara Direncanakan Juli

  • Bagikan

FAJAR, TANJUNG SELOR – Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Kalimantan Utara (Kaltara) merencanakan pelantikan pengurus untuk periode 2023-2026 pada Juli mendatang di Tarakan. Hal ini diungkap Dr. Andi Muliyono, S.H, M.H, CLA, CM, CIAP, ketua DPD KNPI Kaltara terpilih hasil Musyawarah Daerah (Musda) III DPD KNPI Kaltara yang digelar di Sebatik, Nunukan, pertengahan November 2022 lalu.

Menyambut hal ini, Andi Muliyono menyampaikan sejumlah aspek yang menjadi perhatian dalam pembangunan di Kaltara. Untuk itu, pihaknya mendorong agar semua elemen pemuda dan pemangku kepentingan dapat berjalan beriringan, berkolaborasi untuk satu tujuan, kemajuan daerah.

“Pelantikan ini akan dihadiri langsung Ketua DPP KNPI, Bang Haris Pertama. Kami juga akan mengundang Bapak Gubernur Kaltara, Bapak Drs. H. Zainal Arifin Paliwang, S.H, M.Hum, serta Forkopimda di Kaltara,” ujar Andi Muliyono, Rabu, 7 Juni.

Disampaikan, apa yang menjadi cita-cita Pemprov Kaltara di bawah kepemimpinan Gubernur Zainal A Paliwang dan Wakil Gubernur  Yansen TP penting untuk disinergikan hingga ke kalangan pemuda. Andi mengurai, sejumlah perhatian saat ini, misalnya peningkatan kualitas pendidikan, penurunan angka stunting, pengendalian inflasi, ketahanan pangan, pendampingan petani, pendampingan UMKM, dan sejumlah program lain yang bermuara pada pembangunan manusia dan kesejahteraan didukung penuh KNPI Kaltara. 

“Pemuda andil di dalamnya. Ini juga akan diterjemahkan teman-teman dalam rencana pelantikan yang dirangkai dengan rapat kerja. Bidang-bidang di KNPI yang akan menerjemahkan, mengkolaborasi peran-peran itu,” ulas Andi lebih jauh.

Hal lain yang turut disinggung Andi, adalah peran pemuda menyambut sejumlah proyek strategis nasional (PSN) di Kaltara. Demikian pula dengan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur (Kaltim). 

“Kawasan Industri Hijau Indonesia atau KIHI di Tanah Kuning-Mangkupadi, rencana PLTA di Mentarang, di Sungai Kayan dan beberapa PSN lainnya harus kita dukung. Ketika ini berjalan lancar, maka semakin terbuka peluang bagi kita, bagi anak-anak muda, bagi generasi produktif. Dari situ juga akan membawa dampak berkelanjutan, menggerakkan banyak sektor. Kita doakan, pelantikan dan rakerda KNPI Kaltara pada Juli mendatang berjalan dengan sukses,” tukas Andi. (*) 

  • Bagikan