Bawaslu Bulungan Sosialisasikan Pengawasan Partisipatif di Perkebunan Sawit

  • Bagikan

FAJAR, TANJUNG SELOR – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bulungan, melakukan sosialisasi pengawasan partisipatif pada masyarakat yang bekerja pada perkebunan kelapa sawit di Kecamatan Peso Hilir pada akhir pekan lalu.

Kegiatan tersebut diselaraskan dengan sosialisasi peserta Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bulungan di lokasi dan waktu yang sama.

Ketua Bawaslu Bulungan, Dwi Suprapto mengatakan, pihaknya berupaya menumbuhkan partisipasi masyarakat terhadap pengawasan di setiap tahapan pemilu. Dia berharap sosialisasi menjadi sarana edukasi yang baik dan efektif.

“Dengan edukasi yang kami sampaikan, kami berharap masyarakat turut mengawasi setiap potensi pelanggaran pemilu, baik money politic (politik uang), isu SARA, hate speech (ujaran kebencian), berita bohong dan lainnya,” kata Dwi.

Masyarakat juga diharap memahami tentang bahaya dari tindak pelanggaran pemilu. Sehingga mereka bisa memiliki kewaspadaan untuk tidak turut terlibat melakukan.

“Ketika pengetahuan masyarakat sudah baik, mereka bisa mengantisipasi, menangkal dan melaporkan ketika ada oknum peserta atau tim kampanye yang terindikasi melakukan pelanggaran. Termasuk juga menolak ketika ada iming iming tertentu yang diberikan,” pungkasnya. (*)

  • Bagikan