BPN Bulungan Target Pemasangan 1.500 Patok Lahan 

  • Bagikan

FAJAR, TANJUNG SELOR — Badan Pertanahan Nasional (BPN) menargetkan pemasangan 1.500 patok lahan di Kabuapten Bulungan. Sasaran utamanya yakni di 7 kelurahan. 

BPN Bulungan melakukan kegiatan pemasangan patok serentak, di Perumahan Korpri Tanjung Selor, Jumat, 3 Fabruari. Kegiatan ini digelar dalam rangka Percepatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). 

Kepala Kantor BPN Bulungan, Lena Purnama Sari mengatakan, pihaknya terus melakukan sertifikasi bidang, nagi masyarakat yang memang belum memiliki kelengkapan dokumen lahan. Salah satunya melalui, program PTSL, yang membebaskan seluruh biaya pengurusan tanah. 

Sebelum proses sertifikasi, dilakukan tahap pengukuran dan patok lahan. Khusus di Bulungan, pihaknya akan memfasilitasi patok lahan, secara gratis baik bagi masyatakat hingga instansi pemerintah atau swasta.  

“Khusus se-Kaltara kami ditargetkan memasang 12 ribu patok tahun ini. Kemudian di Bulungan targetnya 1.500 patok. 600 patok untuk Kelurahan Tanjung Selor Hilir yang difokuskan di wilayah Perumahan Korpri,” bebernya kepada FAJAR, di Perumahan Korpri, siang tadi.  

Sementara 900 patok sisanya, akan dibagi ke 6 kelurahan lain masing-masing sebanyak 150 patok. “Target kita untuk luasan di kelurahan ini lebih kurang 15 hektare. Harapan kami dari 15 hektare ini jangan ada bidang-bidang yang tertinggal,” bebernya. 

Selain masyarakat, pihaknya juga berharap agar pemerintah segera menuntaskan sertifikai lahan aset miliknya. Memang, kata dia, sudah ada beberapa aset yang tuntas, namun masih banyak juga yang belum tersertifikasi.  

Program PTSL memberi kesempatan bagi semua pihak, untuk bisa memiliki kelengkapan dokumen aset lahan. Tanpa harus terbebani biaya, karena semuanya sudah ditanggung dan disubsidi oleh pemerintah. Baik biaya pengukuran, hingga biaya lain.  

Wakil Bupati Bulungan, Ingkong Ala akan mengupayakan sertifikasi lahan-lahan milik pemerintah. Diapun berharap agar BPN terus menjalin komunikasi dengan pemkab untuk program PTSL. (*)

  • Bagikan