Sejarah Baru Muktamar Pemuda Muhammadiyah, Kader Muda Sulsel Terpilih Jadi Ketua Umum Pimpinan Pusat

  • Bagikan

FAJAR, BALIKPAPAN — Sejarah baru tercipta pada penyelenggaraan Muktamar Ke-18 Pemuda Muhammadiyah di Balikpapan pada 21-23 Februari 2023.

Untuk pertama kalinya, seorang kader muda asal Sulawesi Selatan (Sulsel), tepatnya dari Kabupaten Gowa, Dzul Fikar Ahmad, terpilih menakhodai salah satu Organisasi Otonom (Ortom) persyarikatan Muhammadiyah itu.

Dzul Fikar terpilih usai 13 formatur yang sebelumnya lebih dahulu dipilih oleh peserta muktamar dari berbagai kota dan provinsi se-Indonesia, bermusyawarah dan menyepakati untuk menyerahkan jabatan Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Pemuda Muhammadiyah kepadanya.

Dzul Fikar Ahmad merupakan putra sulung dari ulama asal Gowa yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Sulsel, KH Ahmad Tawalla. Dzul juga pernah memimpin Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) Sulsel pada periode 2008-2010.

Pada periode sebelumnya, Dzul Fikar merupakan Sekretaris Jenderal PP Pemuda Muhammadiyah mendampingi Sunanto yang telah habis masa jabatannya. Ditambah lagi, salah satu syarat menjadi Ketua Umum adalah berusia maksimal 40 tahun. Sunanto diketahui telah melewati batas usia tersebut.

Diberitakan sebelumnya, Muktamar ke-18 Pemuda Muhammadiyah di Balikpapan pada 21-23 Februari 2023 berlangsung mewah dan meriah karena menghadirkan artis-artis ibukota.

Ada pun artis-artis yang memeriahkan pembukaan adalah Gita KDI, Novia Idol, dan Presenter TV One, Dwi Anggia. (sam/fajar)

  • Bagikan