Bahtiar Tokoh Bugis Asal Bone yang Berpeluang Jadi Calon Pj Gubernur Sulsel, Pernah Jabat Pjs Gubernur Kepri

  • Bagikan

FAJAR, MAKASSAR — Masa jabatan Kursi Sulsel akan lowong sepeninggal Andi Sudirman Sulaiman. Sejumlah nama pun mencuat menjadi penggantinya, hingga terpilih gubernur defenitif.

Masa jabatan Andi Sudirman Sulaiman akan berakhir pada 5 September 2023, atau 7 bulan ke depan. Setelahnya pemerintah pusat akan menunjuk Penjabat Gubernur untuk mengisi kekosongan jabatan di Sulsel.

Calon Pj Gubernur Sulsel berasal dari pejabat esolan 1. Pj Gubernur Sulsel nantinya akan bertugas mengawal pemerintahan hingga terpilih pemimpin definitif baru hasil Pilgub Sulsel 2024.

Bahtiar Baharuddin pejabat eseolan I asal Bugis Sulawesi Selatan, punya peluang untuk diusulkan jadi calon Pj Gubernur Sulsel ke depan.

Bahtiar adalah pria kelahiran Bone 16 Januari 1973. Saat ini Bahtiar menjabat Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (Dirjen Polpum) Kemendagri.

Sebagai pejabat eseolan I Kemendagri, maka Bahtiar punya peluang bersaing jadi calon penjabat atau Pj Gubernur Sulawesi Selatan ke depan.

Wakil Ketua Komisi A DPRD Sulsel Arfandy Idris mengatakan, semua pejabat eseolan I punya peluang untuk diusulkan jadi Pj Gubernur Sulsel ke depan.

Arfandy Idris mengatakan usulan nama itu nantinya diserahkan kepada pemerintah pusat melalui Kementerian Dalam Negeri.

Pemerintah pusat nantinya yang menentukan siapa pejabat ditugaskan jadi Pj Gubernur Sulsel mengisi kekosongan jabatan.

“Semua pejabat yang memenuhi syarat dapat menjadi bakal calon Pj Gubernur sulsel nantinya,” kata Arfandy Idris. (msn/fajar)

  • Bagikan