Gelar Webinar Semuanya akan tiktok pada waktunya!

  • Bagikan

FAJAR, SAMBAS — Dalam rangka kampanye Gerakan Nasional Literasi Digital di Indonesia, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama dengan Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi menyelenggarakan Workshop Literasi Digital secara luring Di Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat pada tanggal 14 April 2023 dengan mengangkat topik “Semuanya akan tiktok pada waktunya!” Workshop ini sebagai bentuk peran aktif Kemenkominfo dalam menghentikan penyalahgunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi, serta internet.

Berdasarkan Survei Indeks Literasi Digital Nasional Indonesia yang diselenggarakan oleh Kemenkominfo dan Kata data Insight Center pada tahun 2021 disebutkan bahwa Indonesia masih berada dalam kategori “sedang” dengan angka 3.49 dari 5,00. Dalam merespon hal tersebut, Kemenkominfo menyelenggarakan “Workshop Literasi Digital” dengan materi yang didasarkan pada empat pilar utama literasi digital, yaitu kecakapan digital, etika digital, budaya digital, dan keamanan digital.

Materi pertama tentang cakap digital disampaikan oleh   , Mufid Masruhan, “guru itu sekarang bukan sebagai pusat pembelajaran, guru ataupun dosen ya bukan satu-satunya pusat pembelajaran karena resource sekarang sudah ada di tangannya mahasiswa ataupun siswa jadi guru hanya sebagai fasilitator saja hanya sebagai fasilitator yang mencoba untuk memfasilitasi.”

Di kesempatan yang sama Anggota Sartika S. Wardanhi membahas tentang budaya digital, “tantangan-tantangan budaya di media digital itu membuat kita jadi lupa nih kesopanan kesantunan, terkadang lupa bahwa ternyata kita itu hidup di dunia ini sebagai makhluk sosial gitu loh nggak bisa hidup sendiri aja sehingga kita harus menghargai orang lain gitu ya menghargai budaya kita sendiri.”

Lanjutnya, “41% pengguna TikTok adalah remaja adalah adik-adik sekalian sebenarnya yang merupakan generasi techno safety ya kalau nggak salah kemampuan dalam bidang teknologi sudah tidak perlu diragukan lagi karena memang otak kalian memiliki jaringan yang berbeda pola yang berbeda dengan otak generasi sebelumnya, sehingga yang nggak usah kaget gitu kalau misalnya generasi kalian dijelasin sedikit mengenai teknologi udah bisa lebih aware gitu ya.” tutunya. 

Narasumber ketiga yaitu Dosen UC Makassar, Cipta Canggih Perdana, S.E., M.M yang membawakan materi Etika Digital, “Jadi kesimpulannya adik-adik penggunaan TikTok bisa menjadi platform yang luar biasa yang menunjukkan kreativitas dan memperkuat

Dalam kegiatan ini turut hadir sebagai Narasumber yang ahli dalam bidangnya. UntukRelawan TIK Indonesia. Menurutnya dentitas budaya dan kemanusiaan tapi harus itu harus dilakukan dengan mengedepankan prinsip-prinsip etika yang baik dan bertanggung jawab. “Nah kemudian kita bisa menciptakan pengalaman yang positif dan memberikan inspirasi buat orang lain sebagai manusia digital yang cerdas dan berintegrasi,” jelansya. 

Kegiatan Literasi Digital Sektor Pendidikan merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam program Indonesia Makin Cakap Digital yang diinisiasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemenkominfo) untuk memberikan literasi digital kepada 50 juta orang masyarakat Indonesia hingga tahun 2024. Adapun Informasi lebih lanjut mengenai kegiatan dan info literasi digital dapat diakses melalui media sosial Instagram @literasidigitalkominfo, Facebook Fan Page dan Kanal Youtube Literasi Digital Kominfo serta website info.literasidigital.id.

  • Bagikan