Webinar Cara Cerdas Buat Viral di Media Sosial

  • Bagikan

FAJAR, SAMBAS  – Dalam rangka kampanye Gerakan Nasional Literasi Digital di Indonesia, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama dengan Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi menyelenggarakan Workshop Literasi Digital secara luring Di Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat pada tanggal 18 April 2023 dengan mengangkat topik “Cara cerdas buat viral di media sosial” Workshop ini sebagai bentuk peran aktif Kemenkominfo dalam menghentikan penyalahgunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi, serta internet.

Berdasarkan Survei Indeks Literasi Digital Nasional Indonesia yang diselenggarakan oleh Kemenkominfo dan Kata data Insight Center pada tahun 2021 disebutkan bahwa Indonesia masih berada dalam kategori “sedang” dengan angka 3.49 dari 5,00. Dalam merespon hal tersebut, Kemenkominfo menyelenggarakan “Workshop Literasi Digital” dengan materi yang didasarkan pada empat pilar utama literasi digital, yaitu kecakapan digital, etika digital, budaya digital, dan keamanan digital.

“Etiket ini yaitu kompetensi mengakses informasi sesuai dengan platform digital, kita pakai platform digital yang mana nih. kompetensi menyeleksi dan menganalisis informasi saat berkomunikasi, jadi ketika kita ngobrol sama orang kita bisa menyeleksi dan menganalisa sebenarnya orang ini gimana gitu ya. kompetensi memahami netiket upaya membentengi diri dari tindakan negatif di platform digital, kata Graphologist, Trainer, Enterpreneur, Diana Aletheia, dalam Materinya Etika Digital.

Di kesempatan yang sama Dosen UC Makassar, Cipta Canggih Perdana, S.E., M.M membahas tentang cakap digital, “kesimpulannya teman-teman sebagai pelajar bisa mengekspresikan kreativitas teman-teman melalui berbagai bentuk di dunia digital tetapi harus bertanggung jawab dan etis saat menggunakan teknologi. Mari cakap digital untuk meraih kesuksesan di masa mendatang. itu dimulai dari sekarang.” tambahnya.  

Narasumber ketiga yaitu Relawan TIK Indonesia, Mufid Masruhan yang membawakan materi Budaya Digital, “berpikirlah sebelum memposting, think before you post, berpikir dulu sebelum kalian akan memposting sesuatu. Mau bikin konten pikir dulu nih konten ini bermanfaat nggak ya konten ini menyinggung orang lain nggak ya konten ini kira-kira kalau nanti saya pos ada dampak negatifnya nggak ya, berpikirlah dulu.”bebernya. 

Kegiatan Literasi Digital Sektor Pendidikan merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam program Indonesia Makin Cakap Digital yang diinisiasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemenkominfo) untuk memberikan literasi digital

kepada 50 juta orang masyarakat Indonesia hingga tahun 2024. Adapun Informasi lebih lanjut mengenai kegiatan dan info literasi digital dapat diakses melalui media sosial Instagram @literasidigitalkominfo, Facebook Fan Page dan Kanal Youtube Literasi Digital Kominfo serta website info.literasidigital.id.(*) 

  • Bagikan