Bawaslu Bulungan Dorong Mahasiswa dan Pelajar Ikut Awasi Pemilu

  • Bagikan

FAJAR, TANJUNG SELOR — Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Bulungan (Bawaslu Bulungan) mengajak mahasiswa dan Pelajar untuk aktif melaporkan pelanggaran Pemilu 2024. Bawaslu membutuhkan peran mahasiswa dan pelajar dalam upaya menekan potensi pelanggaran pada pemilu tahun 2024 mendatang.

Mahasiswa dan Pelajar harus peka jika ada persoalan pemilu. Jangan takut untuk melapor kepada Bawaslu jika melihat atau mengetahui ada pelanggaran,” ucapnya Riswan, saat memberi sambutan pada Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif Tahun 2024, di Aula Auditorium Universitas Kaltara Tanjung Selor, Selasa, (07/11).

Menurut dia, mahasiswa dan pelajar harus punya peran dalam pesta demokrasi. Salah satunya bisa melibatkan diri bersama Bawaslu awasi Pemilu 2024. Hal ini sejalan dengan nilai perjuangan Bawaslu dalam pemilu, yakni bersama rakyat awasi pemilu, bersama Bawaslu tegakkan keadilan pemilu.

“Mahasiswa dan pelajar ini harus di berikan ruang dan pemahaman soal pemilu agar kegiatan pengawasan disetiap tahapan kaum intelektual ini mengetahui hal-hal yang bisa dilakukan jika ingin melaporkan pelanggaran pemilu,” tuturnya.

Oleh karena itu, sambung Riswan, diperlukan partisipasi aktif seluruh pihak dalam membangun budaya pemilu yang harmoni dan damai, serta menjaga keberlangsungan demokrasi. Khususnya di Kabupaten Bulungan.

“Hal tersebut merupakan upaya Bawaslu untuk memastikan seluruh mekanisme penyelenggaraan pemilu telah dilakukan secara jujur dan adil. Juga kepentingan pengawas pemilu dalam rangka mendapatkan kepercayaan publik dan tumbuhnya pengawasan partisipatif dari masyarakat,” ungkapnya.

Perlu diketahui bahwa sosialisasi yang dilaksanakan di Universitas Kaltara, menghadirkan empat narasumber yakni, Riswan Anggota Bawaslu Kabupaten Bulungan, Prof.Dr. Yahya Ahmad Zain Dekan Fakultas Hukum Universitas Borneo, Iskandar Ketua Jurusan Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Kaltara dan Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Pemprov Kalimantan Utara, Ilhman Zain.

Kegiatan Sosialisasi ini dibuka langsungoleh Rektor Universitas Kaltara Dr. Didi Ardiasnyah dengan peserta yang berasal dari Universitas Kaltara, STIE Bulungan Tarakan, STIT Al-Ansar, SMKN 1 Tanjung Selor, SMA Bulungan, MAN Bulungan, SMAN 1 Tanjung Selor, SMA Agape, SMAN 2 Tanjung Selor, SMA Hidayatulah, SMKN 2 Tanjung Selor, SMKN 3 Tanjung Selor, SMA Idrisiyyah, SMAN 1 Tanjung Palas dan SMKN 1 Tanjung Palas.

  • Bagikan