Tahun Ini, Pemkab Bulungan Muluskan Akses Jalan ke Salimbatu 

  • Bagikan

FAJAR, TANJUNG SELOR — Tahun 2023 ini, Peningkatan infrastruktur jalan menjadi salah satu prioritas Pemerintah Kabupaten Bulungan.

Syarwani meyatakan melalui APBD, tahun ini Pemkab Bulungan telah mengalokasikan anggaran untuk peningkatan beberapa ruas jalan baik di dalam kota maupun akses jalan penghubung antar kecamatan dan desa.

“Anggaran kita memang masih terbatas. Tapi, insya allah, untuk pemeliharaan beberapa ruas jalan yang rusak kita alokasikan anggarannya secara bertahap “ungkapnya.    

Tahun ini juga Pemkab Bulungan akan melakukan peningkatan akses jalan penghubung antar Kecamatan Tanjung Palas-Desa Salimbatu, Kecamatan Tanjung Palas Tengah.

“Demikian juga untuk pembangunan lanjutan jalan meranti telah dialokasikan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) sekitar Rp9 miliar, insya Allah tahun 2023 jalan poros meranti atau bulu prindu tahun depan sudah bisa kita tuntaskan” beber Syarwani.

Selanjutnya Syarwani juga mengatakan salah satun ruas jalan di Kecamatan Bunyu, yaitu jalan Dewaruci, tahun ini juga akan ditingkatkan dengan jumlah anggaran yang dialokasikan sekitar Rp7,6 miliar. 

“Saya yakin anggaran yang dialokasikan pemerintah belum bisa menangani beberapa ruas jalan yang ada di kabupaten Bulungan, namun minimal, Pemda terus berupaya hadir untuk menjawab keluhan masyarakat kabupaten Bulungan ” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU-PR) Bulungan, Khairul memaparkan terkait peningkatan jalan Salimbatu telahbdi alokasikan anggaran melalui APBD Bulungan sebesar Rp9,7 Miliar.

“Teknisnya itu nanti tergantung kondisi jalan, kalau daerah salimbatu masih pasang surut sampai ke badan jalan, akan kita rigid, jadi nanti ada rigid ada aspal tergantung kondisi exsisting,” papara Khairul.

Kemudian, untuk pelaksanaan DAK, ada beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan pada tahun depan. Salah satunya, perbaikan Jalan Rambai Padi dan Jalan Binjai, termasuk jalan dalam desa tanah kuning. Demikian juga kegiatan pengaspalan jalan Buluh Perindu juga menjadi salah satu yang akan diprioritaskan pada DAK Tahun 2023. 

” Sekarang ini kan jalan bulu perindu yang telah diaspal sepanjang 1,8 kilometer (km)  masih ada sisa 800 meter yang belum diaspal. Nah, ini yang akan kita dilanjutkan pekerjaanya tahun ini melalui DAK, ” tambahnya. (*) 

  • Bagikan