Takhta Juara Liga 1 “Pasukan Ramang” 

  • Bagikan

FAJAR, TANJUNG SELOR – PSM Makassar akhirnya mengunci gelar juara Liga 1 2022/2023, pasca menang 3-1 di laga tandang melawan Madura United, Jumat 31 Maret. Kemeriahan para suporter tim berjuluk “Pasukan Ramang” ini pun berkobar. 

Tak hanya di Makassar. Para Suporter di Kalimantan Utara pun turut merayakan takhta kemenangan kali ini. Apalagi “Pasukan Ramang” sudah amat lama menanti kampiun. PSM merasakan gelar juara pertama (dan masih satu-satunya) di era unifikasi Liga Indonesia sejak 1994 pada musim 1999-2000.

Di Tarakan, Pesta Kemenangan PSM Makassar pun, turut dirayakan oleh suporter The Maczman Zona Kaltara. Kemeriahan nonton bareng terlihat, dengan berbagai teriakan dan yel-yel khas pendukung Pluim dkk. Bahkan ada konvoi, pasca tim besutan Bernardo Tavares dinobatkan sebagai Juara Liga 1. 

Tak hanya di Tarakan saja, kemeriahaan nonton bareng laga penentu kampiun PSM Makassar juga digelar di Wakop Ewako, Tanjumg Selor. Suporter yang tergabung dalam The Maczman Korwil Bulungan, juga turut merayakan takhta tim kebanggaan masyarakat Sulsel ini.  

PSM memang berhasil berbenah. Kedatangan Bernardo Tavares sebagai pelatih kepala dapat mengubah penampilan Pasukan Ramang yang pada musim sebelumnya harus finis di peringkat 14. Bahkan, lolos dari zona degradasi saja pada Liga 1 2021/2022, rasanya mirip juara Liga 1.

PSM tak akan melupakan peristiwa kala berhasil menaklukkan Persiraja Banda Aceh dengan skor 1-0 pada laga pekan ke-33, Jumat, 26 Maret 2022. Gol semata wayang Ferdinan Sinaga yang meloloskan PSM dari kubangan degradasi.

Nah, memasuki musim 2022/2023, manajemen merombak PSM. Pemain “terjangkau” didatangkan, meski bukan megabintang. Termasuk ganti pelatih, dengan mendatangkan Bernardo Tavares dari Portugal, negara megabintang sepak bola: Cristiano Ronaldo.

Perlahan tapi pasti. Hasilnya mencengangkan. Saat ini, PSM berada di puncak klasemen hingga berhasil mengunci gelar juara. Sepanjang liga musim ini, PSM baru kalah dua kali. Sebuah rekor fantastis untuk sebuah tim yang nyaris bergabung di divisi dua alias Liga 2.

  • Bagikan