Kodim 0903/Bulungan Cegah Munculnya Konflik Sosial 

  • Bagikan

FAJAR, TANJUNG SELOR — Kodim 0903/Bulungan menggelar kegiatan Binkom guna mencegah konflik sosial masyarakat. Kegiatan yang digelar di aula Makodim Bulungan uni mengangkat tema “Peran Seluruh Komponen Masyarakat Dalam Mencegah Konflik Sosial di Wilayah Kodim 0903/Bulungan, Senin, 3 April. 

Asisten Intelijen Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Asintel Kasad) Mayjen TNI Arief Jaka Tandang melalui Pamen Denmabesad  Kolonel Kav Abdul Haris hadir langsung dalam kegiatan ini. Begitupun dengan Dandim 0903/Bulungan, Kolonel Inf Victor Andhyka Tjokro. 

Kepada FAJAR, Pamen Denmabesad  Kolonel Kav  Abdul Haris kegiatan ini merupakan upaya pencegahan konflik di wilayah Bulungan. Mencegah munculnya konflik masa lalu, yang tentu akan menganggu ketenteraman masyarakat. Bauk konflik vertikal dan horizontal. 

Kata dia, kunci utama dari upaya pencegahan tersebut adalah komunikasi. Bagaimana membangun komunikasi yang baik dengan seluruh elemen masyarakat. “Sehingga ketika ada potensi bisa segera dilaporkan ke pemerintah serta aparat,” bebernya. 

Dia memahami dengan baik, jika wilatah Bulungan merupakan daerah pengembangan. Bisa saja berbagai konflik sosial terjadi. Seperti adanya kecemburuan masyarakat asli dengan hadirnya pendatang. Potensi ini m, kata dia harus dicegah dengan kerja sama masyarakat, pemerintah, dan aparat. 

Potensi konflik lain yang kian dekat menurutnya adalah pemilu dan pilkada. Kata dia, TNI harus bersikap netral dan tidak diperbolehkan berpolitik praktis. “Kami tentu akan memback up pemerintah dan kepolisian untuk memastikan pelaksanaan pesta demikrasi aman,” tambahnya.  

Dandim 0903/Bulungan, Dandim 0903/Bulungan, Kolonel Inf Victor Andhyka Tjokro memastikan akan terus membangun komunikasi dengan masyarakat, untuk mencegah munculnya konflik sosial. “Sejarah sebelumnya mungkin ditempat lain terjadi, mudah-mudahan di Bulungan tidak,” tambahnya. (*) 

  • Bagikan