Siagakan 1000 Personel dan Peralatan, PLN Siap Kawal Kelistrikan Selama Ramadhan Dan Idul Fitri 

  • Bagikan

FAJAR, BALIKPAPAN — Guna Memastikan pasokan listrik andal dan aman selama bulan Ramadhan dan menjelang perayaan hari raya idul fitri 1444 H, PLN Unit Induk Distribusi (UID) Kaltimra melaksanakan apel kesiapsiagaan personel dan peralatan yang dilaksanakan secara hybrid serentak di seluruh Indonesia, pada hari Rabu (5/4/2023).

Pelaksananaan Apel PLN UID Kaltimra sendiri dipusatkan di Balikpapan yang  dipimpin oleh Pelaksana Harian General Manager Khairul Lingga selaku Senior Manager Distribusi PLN UID Kaltimra. Lingga menyatakan bahwa apel kesiapsiagaan tersebut dilakukan untuk memastikan kondisi kelistrikan baik personel maupun peralatan pendukung dalam keadaan  prima untuk menjaga keandalan listrik dalam melayani masyarakat melakukan aktivitas ibadah puasa di bulan Ramadhan hingga pelaksanaan Idul Fitri 1444 H yang akan datang.

“Ikhtiar kami untuk memastikan 1.028 personel tersebar di 64 posko yang kami siagakan siap untuk melayani masyarakat di Kaltimra selama masa Ramadan hingga Idul fitri 1444 H,” ujar Lingga.

Selain personel, PLN UID Kaltimra juga menyiapkan 78 peralatan pendukung dan 182 kendaraan pendukung hingga peralatan lainnya untuk menangani gangguan kelistrikan yang terjadi saat hujan terjadi gangguan pohon tumbang  dan hewan liar.

“Kesiapsiagaan ini dimulai dari tanggal 15 hingga 28 April 2023. Kami menyiapkan personel dan perlengkapan pendukung seperti mobil travo dan Crane,” jelasnya.

Berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya, gangguan kelistrikan hanya terjadi saat cuaca buruk ataupun karena gangguan hewan liar. Tahun ini PLN juga mengantisipasi adanya penambahan daya baru bagi masyarakat, khususnya di kawasan IKN Nusantara.

“Meskipun ada gangguan, kami siap siaga 1 x 24 jam. Dan mungkin ada penambahan daya pada tahun ini karena IKN, sudah banyak penambahan pelanggan baru. Namun, suplai daya kami masih berlebih dan siap melayani masyarakat Kaltimra,” tambahnya.

Lingga juga mengimbau masyarakat jika mengalami gangguan kelistrikan untuk langsung menghubungi kantor PLN terdekat atau melalui aplikasi Mobile PLN.

“Silakan laporkan jika ada gangguan, tim lapangan kami siap menanganinya selama 24 jam. Bisa ke kantor terdekat atau mudahnya melalui Aplikasi Mobile PLN,” tutupnya.(*) 

  • Bagikan