Kemenkominfo Gelar Webinar Bertema Asah kreativitas Melalui Media Sosial

  • Bagikan

FAJAR, BENGKAYANG – Dalam rangka kampanye Gerakan Nasional Literasi Digital di Indonesia, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama dengan Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi menyelenggarakan Workshop Literasi Digital secara luring pada

Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat. pada tanggal 17 Mei 2023. 

Webinar ini mengangkat topik “Asah

kreativitas melalui media social” Workshop ini sebagai bentuk peran aktif Kemenkominfo dalam menghentikan penyalahgunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi, serta internet.

Pesertanya yakni siswa SMP & SMA Se- Kec. Teriak, Kec. Seluas, Kec Lumar, Kec. Ledo, Kec. Sanggau Ledo, Kec. Suti Semarah, Kec. Tujuh Belas, Kec Lembah Bawang, Kec Jagoy Babang Bky, Samalantan. 

Berdasarkan Survei Indeks Literasi Digital Nasional Indonesia yang diselenggarakan oleh Kemenkominfo dan Kata data Insight Center pada tahun 2021 disebutkan bahwa Indonesia masih berada dalam kategori “sedang” dengan angka 3.49 dari 5,00. 

Dalam merespon hal tersebut, Kemenkominfo menyelenggarakan “Workshop Literasi Digital” dengan materi yang didasarkan pada empat pilar utama literasi digital, yaitu kecakapan digital, etika digital, budaya digital, dan keamanan digital.

Pada materi pertama di sampaikan oleh Dr. Alem Febri Sonni, M.Si dengan membawakan materi budaya digital. Menurutnya berkomunikasi di ruang digital melalui media sosial itu adalah manusia bukan hanya gadget. 

“Kita bukan hanya komputer kita yang kita ajak komunikasi tetapi yang menerima informasi itu juga manusia. Bagaimana kalau kita berkomunikasi melalui ruang yang bersifat luring bersifat langsung face to face artinya seperti itu juga lah yang harus kita lakukan di ruang digital. Dengan pola sopan santun dengan melihat konteks yang kita komunikasikan kepada lawan bicara kita,” bebernya. 

Pada kesempatan yang sama Dosen Ilmu Komunikasi Unhas, Sartika S Wardanhi dengan mambawakan materi cakap digital. 

“Kesimpulan dari saya adik-adik sekalian, kita dapat mencapai yang namanya kecakapan digital ketika kita tahu dan paham ragam dan perangkat lunak yang menyusun landscape digital. Jadi, kalau misalnya kita sudah paham nih hardware kita dengan baik handphone kita, gadge kita, kita sudah

Webinar ini mengundang Wakil Ketua ASPIKOM Pusat Dosen Ilmu Komunikasi Unhas Sartika S Wardanhi, CEO Guru Youtuber, sebagai narasumber. Kegiatan webinar akan dilakukan dan disiarkan

menggunakan platform Zoom Meeting.

Kemudian di tutup dengan pemaparan materi dari narasumber terakhir CEO Guru Youtuber, Dr. Bombom Dirgantara dengan materi aman digital. 

“Jadi kalau kita melakukan sesuatu hal yang baru hati-hati ini hal yang lain yang perlu kita jaga itu apa itu etika jadi beraktifitas di dalam dunia sosial nih teman-teman merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat hal ini dapat dilakukan oleh setiap orang tetapi ingat tetap memperhatikan sisi keamanan digital dalam beraktivitas jadi jangan lupa teman-teman dalam kita beraktivitas ya kita harus menjaga makanya kita perlu ilmu Makin cakep digital seperti nah seperti kita.” tambahnya.  

Kegiatan Literasi Digital Sektor Pendidikan merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam program Indonesia Makin Cakap Digital yang diinisiasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemenkominfo) untuk memberikan literasi digital kepada 50 juta orang masyarakat Indonesia hingga tahun 2024. Adapun Informasi lebih lanjut mengenai kegiatan dan info literasi digital dapat diakses melalui media sosial Instagram @literasidigitalkominfo, Facebook Fan Page dan Kanal Youtube Literasi Digital Kominfo serta website info.literasidigital.id.

  • Bagikan