Sutet Jaringan KIHI Segera Dibangun

  • Bagikan

FAJAR TANJUNG SELOR – Tower Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (Sutet) dari Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Mentarang Induk ke Kawasan Industri Hijau Indonesia (KIHI) Tanah Kuning-Mangkupadi akan segera dibangun.

Hal itu disampaikan Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Drs. H. Zainal A Paliwang, SH,. M.Hum usai menghadiri penyerahan bantuan dana partai politik (parpol) di Tanjung Selor, Rabu (24/5). “Perkembangan terakhir, semuanya masih berproses,” ujar Gubernur.

Mantan Wakapolda Kaltara ini juga mengatakan, berdasarkan hasil rapat terakhir yang dilakukan di Kota Tarakan belum lama ini, dibahas soal rencana pembangunan tower SUTET sepanjang lebih dari 200 kilometer. “Itu dari (PLTA) Mentarang sampai (KIHI) Tanah Kuning dengan jalur melalui tiga kabupaten, yaitu Malinau, Tana Tidung dan Bulungan,” sebutnya.

Sedangkan untuk pengerjaan dari tower Sutet tersebut, nanti dari konsorsium. Bahkan, pada pertemuan di Tarakan itu, dari Sarawak Energy juga turut hadir memaparkan untuk teknis rencana pembangunan tower Sutet itu. “Saya harapkan setelah Amdal (analisis mengenai dampak lingkungan) selesai, itu bisa secepatnya dibangun,” katanya.

  • Bagikan