Kementerian PUPR Siap Dukung Program Pembangunan Pemprov Kaltara 

  • Bagikan

FAJAR, TANJUNG SELOR — Kepala Biro Pengelolaan Barang Milik Negara (BMN) Kementerian PUPR, Darwanto melanjutkan kunjungannya ke Tanjung Selor, Rabu, 31 Mei. Dia dan tim dari Kementerian PUPR mengunjungi beberapa lokasi. Salah satunya di kawasan Kota Baru Mandiri (KBM). 

Saat berkunjung ke KBM, Darwanto didampingi oleh Sekretaris Dinas PUPR-Perkim Kaltara, Rahmat Wahyullah serta Kabid Bina Marga Dinas PUPR-Perkim Kaltara, Erni. Turut hadir pula Kepala BPJN Kaltara, Nikolaus Amrosius GB, serta Kepala BPPW Kaltara, Nuris Wahyudi. 

Selain itu, rombongan juga memantau lahan untuk kantor balai Kementerian PUPR yang juga berada di kawasan tersebut. Tahun ini, perencanaan untuk pembangunan kantor pun sudah dalam proses tender. Targetnya tahun depan seluruh perwakilan balai Kementerian PUPR di Kaltara, sudah memiliki kantor sendiri. 

“Lahan yang disiapkan Pemprov Kaltara sebesar 5 hektare. Nantinya seluruh kantor balai, terpusat di kawasan tersebut. Kami memastikan legalitas lahan sebelum tahapan pembangunan. Tahun depan insyaallah semua akan berkantor di Tanjung Selor,” bebernya kepada FAJAR, saat ditemui di kantor BPJN Kaltara, siang tadi.  

Dia dan tim juga turut memantau Jalan Pahlawan, Tanjung Selor yang juga telah diusulkan penanganannya ke pemerintah pusat. Diketahui ada total 6 ruas jalan daerah yang akan beralih jadi jalan nasional. 

Yakni Jalan Aji Iskanda Tarakan (jalan provinsi), Jalan Pahlawan Tanjung Selor (jalan provinsi), Jalan Aki Balak Tarakan (jalan pemkot), Jalan Jend Ahmad Yani Malinau (jalan pemkab), Jalan SP4 Raja Alam-SP4 Raja Pandita Malinau (jalan pemkab), dan Jalan SP4 Raja Pandita-SP4Jbt Malinau (jalan pemkab). 

Namun, kata dia, masih ada tahapan persetujuan dari menteri sebelum jalan tersebut resmi menjadi tanggung jawab pusat. Setelah peralihan, pihaknya berjanji akan menyiapkan anggaran pemeliharaan, di 6 ruas jalan yang menjadi kewenangan nasional tersebut.  

Pihaknya juga memastikan akan mendukung penuh seluruh program pembangunan infrastruktur baik kabupaten/kota dan Pemprov Kaltara.  “Kami siap bersinergi mendukung semua program pemerintah daerah. Balai kami yang merupakan perwakilan Kementerian PUPR, siap mendukung semua kegiatan Pemprov Kaltara,” tambahnya.  

Sekretaris Dinas PUPR-Perkim Kaltara, Rahmat Wahyullah mengapresiasi tim Kementerian PUPR, yang terus mendukung upaya pembangunan yang dilakukan Gubernur Zainal A Paliwang. “Intinya keterpaduan program, perencanaan, dan pelaksanaan. Baik Kementerian dan Pemda harus bersinergi untuk pembangunan,” tambahnya.

Kepala Dinas PUPR-Perkim Kaltara Helmi juga langsung menerima rombongan tim Kementerian PUPR, bersama jajaran kepala balai di ruang kerjanya, sebelum kunjungan lapangan pagi tadi. Menurutnya upaya ini sebagai wujud sinergi pemerintah pusat dan daerah dalam mendukung program pembangunan di Bumi Benuanta.

  • Bagikan