Pertamina EP Bunyu Terima Penghargaan BKKBN, Percepatan Program Penurunan Stunting 

  • Bagikan

FAJAR, JAKARTA — PT Pertamina EP Bunyu Field Terima Penghargaan dari Kepala BKKBN Republik Indonesia untuk Program Percepatan Penurunan Stunting 

Tarakan – Regional 3 Kalimantan Subholding Upstream melalui PT Pertamina EP (PEP) Bunyu Field terima penghargaan sebagai Perusahaan Aktif dalam Percepatan Percepatan Penurunan Stunting di Provinsi Kalimantan Utara pada tanggal 22 Juni 2023. 

Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Drs. Tavip Agus Rayanto, M.Si – Sekretaris Utama Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional. Penghargaan ini diterima oleh PEP Bunyu Field atas kontribusinya kepada masyarakat di wilayah operasi Perusahaan melalui Sinergitas Program Pengembangan Masyarakat (PPM) dalam Percepatan Percepatan Penurunan Stunting – Bunga Kemuning (Bunyu Sumber Pangan Kreasi Menu Entaskan Stunting). 

Pjs. Sr. Manager Bunyu Field Saifudin Zuhri menjelaskan bahwa Sinergitas Program Pengembangan Masyarakat PT Pertamina EP Bunyu Field melalui skema BUNGA KEMUNING mendukung penanganan stunting dengan intervensi spesifik dan intervensi sensitif.

“Intervensi spesifik, dalam penanganan stunting berhubungan dengan peningkatan gizi dan kesehatan sasaran program”, ujar Saifudin Zuhri. 

Lebih lanjut, Saifudin menambahkan bahwa pada skema ini, intervensi spesifik penanganan stunting didorong melalui pelaksanaan program Keluarga Terlindung Stunting (KETINTING) dan disupport oleh Program Kantong Keuntungan Peternakan Ayam Broiler (Kentungan Pak Abo) dan Program Kampung Hijau Hidroponik.

Sedangkan Intervensi Sensitif, tambah Saifudin, merupakan intervensi pendukung dalam penanganan kasus stunting. Intervensi sensitive dalam skema ini diwujudkan melalui pelaksanaan program Gerakan Tolong Masyarakat Sanitasi Tuntas (GENTONG MAS SANTUN) dengan perbaikan sanitasi.

“Ke-empat program saling bersinergi dalam mewujudkan tujuan Percepatan Penurunan angka stunting, khususnya di Pulau Bunyu sebagai wilayah operasional PT Pertamina EP Bunyu Field,” jelas Saifudin.

Selanjutnya jajaran BKKBN Republik Indonesia melakukan kunjungan kerja ke Lokasi PPM PT Pertamina EP Bunyu dalam Pelaksanaan Percepatan Penurunan Stunting pada hari berikutnya tanggal 24 Juni 2023.

Pertamina EP (PEP) Bunyu Field merupakan bagian dari Subholding Upstream Pertamina Regional 3 yang dinahkodai oleh PHI.  Dalam menjalankan pengelolaan operasi dan bisnis hulu migas sesuai prinsip ESG (Environment, Social, Governance), PEP Bunyu Field bersama  anak perusahaan dan afiliasi PHI lainnya terus melakukan beragam inovasi dan aplikasi teknologi dalam menghasilkan energi yang selamat, efisien, handal, patuh, dan ramah lingkungan demi mewujudkan #EnergiKalimantanUntukIndonesia. Informasi lebih lanjut tentang PHI tersedia di https://phi.pertamina.com.(*) 

  • Bagikan