Wabup Nunukan Hadiri Upacara HUT-11 Kaltara

  • Bagikan

FAJAR, TANJUNG SELOR – Wakil Bupati Nunukan H.Hanafiah, SE., M.Si menghadiri Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-11 Provinsi Kalimantan Utara, Bertempat dilapangan Agatis Tanjung Selor Kabupaten Bulungan, Rabu (25/10). HUT Kaltara tahun 2023 kalo ini mengusung tema “Maju Bersama Kaltara Sejahtera”.

Gubernur Kalimantan Utara, Drs.H. Zainal A Paliwang, S.H.,M.Hum
Gubernur Kalimantan Utara, Drs.H. Zainal A Paliwang, S.H.,M.Hum
Upacara peringatan HUT Kalimantan Utara yang tahun sebelumnya yang menjadi Inspektur Upacara HUT Kaltara Menteri dalam Negeri H. Muhammad Tito Karnavian. pada HUT Ke – 11 tahun ini, yang menjadi Irup adalah Gubernur Kalimantan Utara Drs.H. Zainal A Paliwang, S.H.,M.Hum.

Dalam Sambutannya Gubernur Kaltara menyampaikan tanggal 25 Oktober menjadi hari yang sangat spesial bagi kita semua segenap warga kalimantan utara. karena 11 tahun yang lalu, tepatnya pada tanggal oktober 2012.

Provinsi kalimantan utara resmi dibentuk dan disahkan dalam rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI), yang kemudian ditetapkan melalui tahun 2012 tentang undang-undang nomor 20 pembentukan provinsi kalimantan utara.

Lebih lanjut Gubernur Kaltara menyampaiakan pada tahun ini, peringatan hari ulang tahun Provinsi Kalimantan Utara mengangkat tema “Maju bersama kaltara Sejahtera”.

Menurutnya, meski terlihat sebagai sebuah kalimat yang sederhana, “Maju Bersama” memiliki makna yang begitu mendalam.”Maju bersama” mengisyaratkan bahwa kemajuan yang diharapkan, kemajuan yang dicita-citakan baru akan dapat tercapai jika semua pemangku kepentingan mulai dari jajaran pemerintah, swasta, hingga seluruh elemen masyarakat bekerja sama dan saling mendukung.

Ucapan Pemkab Nunukan HUT Kaltara 11“Pemerintah harus dapat melibatkan masyarakat dalan proses pembangunan. pemerintah tidak boleh hanya bekerja sendiri, sama dan pemerintah harus dapat bekerja melibatkan masyarakat dalam menentukan arah pembangunan demikian pula masyarakat harus dapat berpartisipasi aktif dalam pembangunan.”Ujar Gubernur.

Refleksi HUT Kaltara Ke 11 Tahun ini, menurut Gubernur adalah makna ” maju bersama” yaitu tentang sinergi dan kolaborasi, untuk mencapai tujuan bersama, yakni kaltara Sejahtera”

“Sejalan dengan tema tersebut, serta sebagai bentuk rasa syukur kita kepada Allah SWT Tuhan yang Maha Esa, saya mengajak kepada semua elemen mulai dari masyarakat organisasi, instansi swasta hingga instansi pemerintahan dalam segala level, untuk senantiasa bersatu dan komitmen bersama membangun provinsi Kalimantan Utara dari sisi infrastruktur fisik maupun pembangunan non fisik demi kemajuan masyarakat”, tambahnya.

Dengan kerja sama dengan semua pihak, Gubernur percaya kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Kaltara akan dapat tercapai.

“Apresiasi dan penghargaan yang kita terima sebagai buah dari perjuangan, sinergi dan kolaborasi serta kebersamaan dan kekompakan yang telah terjalin.

Semangat membangun harus dapat terus kita pacu,semangat berkarya harus terus kita bina. semangat melayani harus dapat selalu terjaga karena tujuan akhir yang hendak kita capai sejatinya bukanlah apresiasi atau penghargaan. Tetapi kemakmuran dan kesejahteraan yang nanti masyarakat rasakan.” Ujar Gubernur.

Di Akhir sambutan Gubernur Kalimantan Utara, mengucapkan dirgahayu Provinsi Kalimantan Utara yang ke-11,

” Mari kita dukung dan sukseskan pembangunan kalimantan utara, semoga kalimantan utara dapat semakin maju dalam segala aspek, menuju cita-cita luhur yakni mewujudkan Kalimantan Utara serta seluruh masyarakatnya semakin berubah, semakin maju”, tutupnya.

Pada kesempatan tersebut Gubernur Provinsi Kalimantan Utara Zainal Arifin Paliwang melantik dan Deklarasi dewan pengurus pusat komunitas antar etnis indonesia bersatu masa bakti 2023-2028.

Turut hadir Pada Upacara HUT Kaltara Ke-11 tahun ini selain dari Bupati dan Walikota yang ada di Provinsi Kaltara, Hadir pula Forkopimda Provinsi Kaltara, dan Anggota DPR RI Provinsi Kaltara.(*)

  • Bagikan