Persoalan Sampah Plastik Jadi Atensi Serius

  • Bagikan

FAJAR, TARAKAN – Asisten bidang Administrasi Umum Setda Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), Pollymaart Sijabat, SKM., M.A.P. mengajak masyarakat Kaltara bersama – sama untuk mengatasi sampah dengan produktif.

Hal ini disampaikan Pollymaart dalam sambutannya pada acara Aksi Bersih Negeri Serentak (Clean Up) Tahun 2024 yang dipusatkan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) UPTD Perikanan Budidaya Laut dan Payau Kaltara, Kelurahan Karang Rejo, Kota Tarakan, Jumat (9/3) pagi.

Kegiatan ini merupakan rangkaian Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2024 dengan mengusung tema “Atasi Sampah dengan Cara Produktif” yang diselenggarakan bersama – sama di seluruh Indonesia oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (KLHK RI).

Dalam kesempatan itu Pollymaart mengapresiasi terhadap komunitas dan relawan peduli lingkungan yang ikut secara sukarela mendedikasikan tenaga dan fikiran untuk kelestarian lingkungan hidup.

“Saya yakin dengan komitmen dan kerjasama dari semua pihak, kita dapat mengatasi permasalahan sampah di Kalimantan Utara,” ujar Pollymaart membacakan sambutan Gubernur Kaltara.

Tujuan Aksi Bersih Negeri (Clean Up) untuk mendukung inisiatif masyarakat dalam melakukan pengelolaan sampah yang baik melalui kegiatan aksi kumpul, pilah dan olah sampah, juga sekaligus mendukung posisi Indonesia dalam kesepakatan Internasional mengenai pencegahan polusi plastik.

Sebutnya, pencapaian target Indonesia Bersih Sampah 2025 melalui pengurangan sampah sebesar 30 persen dan penanganan sampah 70 persen, tidak dapat diraih tanpa komitmen yang tinggi pemerintah daerah dalam pengelolaan sampah.

“Semoga aksi ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dan mengelola sampah dengan baik,” pungkasnya.

Turut hadir Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Dr. Ir. Rahmat Wahyullah, ST., MT., serta Kepala Badan Penyuluh dan Pengembangan SDM KLHK, Drs. Ade Palguna Ruteka.(*)

  • Bagikan