Tingkatkan Produksi Dengan Perluas Area Tanam 

  • Bagikan

FAJAR, TANJUNG SELOR — Pemkab Bulungan terus meningkatkan usaha di sektor penting seperti pertanian, perkebunan, perikanan, kehutanan dan industri. Hal itu disampaikan Bupati Bulungan, Syarwani.

Syarwani mengatakan, upaya ini dilakukan dengan dukungan kegiatan sarana produksi dan perluasan tanam, peningkatan sumber daya manusia (SDM) bidang perkebunan dan juga mengusahakan terciptanya produk unggulan pada setiap desa.

“Kami juga memberikan bantuan hibah ke kelompok tani yang berada pada kawasan yang telah menjadi sentra perkebunan sebagai dukungan untuk meningkatkan produktivitas,” kata Syarwani. 

Peningkatan produksi padi dan palawija telah menjadi fokus utama pemerintah, dan hal itu termasuk pemberian alat dan mesin pertanian serta pupuk dan pembangunan jalan usaha tani (JUT) untuk mendukung pengembangan pertanian.

“Tujuan dari pembangunan JUT ini adalah untuk mempermudah pengangkutan hasil pertanian dari desa ke kota serta meningkatkan akses ke pasar,” ungkapnya.

Selain sektor perkebunan, sektor pertanian dan perikanan juga menjadi fokus Pemda Bulungan. Untuk sektor pertanian, pemerintah berupaya meningkatkan produksi padi dan palawija melalui program tanam serentak.

“Program ini dilakukan dengan memotivasi petani dan memberi bantuan bibit, pupuk dan pestisida,” ujarnya.

Sedangkan di sektor perikanan, Pemda Bulungan berusaha meningkatkan produksi dengan mengembangkan berbagai jenis budidaya ikan di kolam dan tambak. Salah satu jenis budidaya ikan yang menjadi fokus pemerintah adalah budidaya ikan nila. Budidaya ikan nila ini diharapkan dapat memberikan manfaat ekonomi yang besar bagi warga.

Selain itu, pemerintah juga berupaya mengembangkan potensi kehutanan. 

Salah satu langkah yang dilakukan adalah dengan pengadaan benih yang berkualitas dan teknologi pengelolaan hutan yang ramah lingkungan.

“Beberapa daerah di Kabupaten Bulungan memiliki potensi besar dalam pengelolaan hutan, karena memiliki areal hutan yang cukup luas dan menjanjikan untuk dikembangkan,” bebernya.

  • Bagikan