Pantau Arus Mudik, Bupati Bulungan Ingatkan Keselamatan Penumpang

  • Bagikan

FAJAR, TANJUNG SELOR – H-1 Idul Fitri 1445 hijriah (H), Bupati Bulungan, Syarwani didampingi Sekda Bulungan dan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Bulungan melakukan pemantauan arus mudik lebaran di Pelabuhan Kayan II dan Kayan III, Tanjung Selor, Selasa (9/4).

Syarwani memastikan bahwa pelayanan di Pelabuhan Kayan II dan Kayan III pada arus mudik berjalan dengan lancar.”Tetapi, kita tetap mengedepankan aspek keselamatan. Hal ini menjadi fokus Pemda Bulungan,” kata Syarwani kepada Radar Kaltara, Selasa (9/4).

Untuk itu, Dishub Bulungan untuk mengawal pelaksanaan arus mudik. Sehingga, mampu memberikan kenyamanan bagi penumpang yang menggunakan jasa transportasi sungai.


“Informasi yang saya terima. Lonjakan penumpang sudah terjadi sejak Jumat (5/4),” ungkapnya.

Selain arus mudik, Pemda Bulungan juga mengantisipasi adanya lonjakan pada arus balik. Oleh karena itu, Dishub Bulungan diminta untuk fokus pada pengawasan agar aktivitas kepelabuhan dapat berjalan dengan aman dan lancar.


“Saya mengimbau kepada penyedia jasa transportasi sungai untuk selalu mengutamakan keselamatan dalam pelayanan mereka,” ungkapnya.

Selain itu, muatan penumpang pada setiap speedboat harus sesuai dengan kapasitas maksimal yang telah ditentukan. Diharapkan agar penyedia jasa transportasi sungai tidak melebihi kapasitas untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.


“Sekarang ini beberapa penyedia jasa transportasi sungai di Pelabuhan Kayan II sudah melakukan peremajaan pada speedboat miliknya,” bebernya.

Hal ini menunjukkan bahwa mereka memprioritaskan keselamatan penumpang dan siap memenuhi ketentuan kapasitas maksimal pada setiap speedboat mereka. 


“Saya berharap tindakan tersebut akan menular kepada penyedia jasa transportasi sungai lainnya sehingga keselamatan penumpang dapat menjadi prioritas utama dalam setiap perjalanan,” pungkasnya.(*) 

  • Bagikan