Posisi Zainal-Yansen Belum Aman, Ini Kandidat yang Bisa Jadi Penantang Petahana di Pilgub Kaltara 2024 

  • Bagikan

FAJAR, TANJUNG SELOR — Elektabilitas Gubernur Kaltara Zainal A Paliwang – Yansen TP memang belum tertandingi. Namun ada dua nama yang diprediksi bisa menjadi pesaing kuat petahana pada ajang Pilgub 2024 nanti. 

Mereka adalah Bupati Nunukan, Asmin Laura Hafid dan Ketua KKSS Kaltara, Brigjen TNI Andi Sulaiman.  Kedua nama ini turut diperhitungkan sebagai kandidat calon gubernur, menurut survei Brand Politika. 

Dengan Asumsi 3 calon pasangan gubernur dan wagub, Zainal A Paliwang dan Yansen TP menempati posisi pertama dengan perolehan 58,0 persen. Kemudian ada mama Asmin Laura Hafid-Suheriyatna dengan survei 28 persen. Terakhir ada Brigjen TNI Andi Sulaiman-Ismunandae Azis dengan survei 13,4 persen. 

Lalu dengan asumsi lima calon, Posisi Zainal A Paliwang-Yansen TP tetap teratas dengan perolehan 38,4 persen. Lalu ada pasangan Iriyanto Lambrie-Iran Sabri dengan perolehan 24,8 persen. Diikuti suara Udin Hiagio-Undunsyah sebanyak 13,2 persen, Asmin Laura Hafid-Suheriyatna 11,6 persen, dan Brigjen Andi Sulaiman-Ismunandar Aziz 6,4 persen. 

“ini tetap perlu diwaspadai oleh petahana. Apalagi pasanfan Laura-Suheriyatna dan Brigjen Andi Sulaiman-Ismunandae Aziz ini cukup menarik. Mereka bisa menjadi ancaman ketika sudah menyatakan siap maju, tren elektabilitasnya bisa lebih dari yang sekarang,” ungkap Direktur Eksekutif Brand Politika, Eko Satiya Hushada. 

Meski begitu, nama-nama kandidat penantang Zainal-Yansen, memang belum nampak dan terang-terangan menyatakan maju pada Pilgub Kaltara 2024. Akan tetapi, nama-nama ini punya peluang dan kans yang bisa menjadi saingan petanaha saat pilkada nantinya. (*) 

  • Bagikan