Langkah Pertama Korban Tenggelam, Begini Penjelasan Dokter RSUD Jusuf SK 

  • Bagikan

FAJAR, TARAKAN – Dokter umum RSUD dr. H Jusuf SK memberikan tips pertolongan pertama bagi korban yang tenggelam.

Hal yang pertama harus dilakukan adalah memperhatikan jalan nafas korban dan denyut jantung korban. Adapun ketika melihat seseorang sedang tenggelam, korban harus segera dievakuasi dari air secepatnya. 

Jika posisi korban mudah dijangkau, raih tangan atau tubuh korban dengan tangan atau alat yang mudah mengapung seperti ban atau papan yang bisa dijadikan pegangan oleh korban.

“Pertama miringkan dulu korban, lalu sebisa mungkin airnya dikeluarkan. Kalau sudah baru berikan bantuan nafas,” katanya, Kamis (20/7/2023).

Adapun pertolongannya dapat dilakukan dengan

mencari bantuan, mengangkat korban keluar dari air, cek pernapasan, lakukan resusitasi jantung dengan paru (CPR) dengan tangan dan hangatkan tubuh korban.

Dilanjutkan, dr. Faisal celakanya jika korban tidak tertolong dengan baik maka paru-paru akan terendam banyak air. Hal ini dapat mengakibatkan korban mengalami henti nafas.

“Disebabkan karena tersumbatnya jalan nafas. Apalagi kalau sudah henti nafas dan henti jantung itu sudah tidak bisa. Terlebih kalau sudah 7 menit otak tidak teraliri oksigen maka jaringan otak akan rusak dan mati batang otaknya,” pungkasnya. (*) 

  • Bagikan